CARA MEMBUAT KUTIPAN DENGAN CITATION DAN DAFTAR PUSTAKA DENGAN
BIBLIOGRAPHY
Tutorial Memformat
laporan
Ketika Anda menulis untuk tugas
sekolah atau untuk publikasi dalam jurnal, salah satu bagian yang paling
membosankan dan rawan kesalahan adalah melacak sumber-sumber penulisan dan
memformat kutipan (Citation) dan daftar pustaka (Bibliography).
Ketika Anda sedang menulis, masukkan tiap kutipan secara langsung pada teks dan masukkan informasi tentang sumbernya. diWord menyimpan informasi tersebut, sehingga Anda bisa dengan mudah menggunakannya lagi untuk mengutip sumber yang sama. Jika Anda tidak memiliki informasi untuk melengkapi kutipan, Anda bisa membuat sebuah placeholder untuk mengisinya nanti dilain waktu.
Anda bisa membuat daftar pustaka
kedalam dokumen setelah Anda memasukkan setidaknya satu kutipan, atau Anda bisa
menunggu hingga selesai. Daftar pustaka bisa diupdate setiap saat untuk
memasukkan atau mengubah kutipan. Ada berbagai style untuk kutipan dan daftar
pustaka. Word 2013 bisa memformat informasi untuk menyesuaikan dengan style
dengan Publication Manual of the American Psychological Association 6th edition
(APA), Chicago Manual of Style 15th edition (Chicago), MLA Handbook for Writers
of Research Papers 7th edition (MLA), dan Manual for Writers of Research Papers,
Theses, and Dissertations 6th edition (Turabian), dan lainnya.
1. Cara memilih style untuk kutipan
(Citation):
Pada tab References, di grup
Citations & Bibliography, klik tanda-panah-kebawah disebelah kotak Style.
Klik nama style yang ingin Anda gunakan pada daftar drop-down yang ditampilkan.
Style kutipan yang Anda pilih adalah salah satu faktor dalam menentukan bagian
informasi mana yang dibutuhkan ketika Anda menambahkan sumber baru. Namun, Anda
bisa memilih style yang lain nantinya, dan Word akan otomatis mengubah format
yang diterapkan ke dalam kutipan dan daftar pustaka.
Cara menambahkan sumber:
Klik teks pada akhir kalimat atau
bagian yang membutuhkan kutipan.
Pada tab References, di grup Citation & Bibliography,
klik Insert Citation. Klik Add New Sources pada daftar drop-down yang
ditampilkan.
Pada kotak dialog Create Source, klik
kotak daftar Type Of Source dan pilih bentuk materi sumber. Field yang
ditampilkan dibagian bawah kotak dialog Create Source akan berubah sesuai
dengan tipe sumber dan style kutipan.
Ketikkan informasi tentang sumber,
lalu klik OK. Kutipan akan muncul pada titik penyisipan didalam dokumen dengan
menggunakan style kutipan yang telah digunakan.
Setelah Anda menambahkan sumber, Word
akan menambahkannya kedalam galeri pada tombol Insert Citation. Anda bisa
memasukkan kutipan untuk sumber yang sama dengan memilihnya dari galeri
tersebut.
Cara menambahkan placeholder:
Jika Anda tidak memiliki informasi
untuk melengkapi kutipan, pada tab References, di grup Citations &
Bibliography, klik Insert Citation. Klik Add New Placeholder pada daftar
drop-down yang ditampilkan.
Pada kotak dialog Placeholder Name,
ketikkan nama untuk placeholder dan klik OK. Nama placeholder akan ditampilkan
pada titik penyisipan di dalam dokumen.
Cara mengatur sumber:
Pada tab References, di grup
Citations & Bibliography, klik Manage Sources.
Pada kotak dialog Source Manager,
kotak daftar Master List menampilkan semua sumber yang telah Anda buat di dalam
komputer, pada semua dokumen yang berisi kutipan, kecuali sumber yang telah
Anda hapus. Kotak daftar Current List menampilkan sumber yang dikutip pada
dokumen yang sedang dibuka, sumber yang tidak dikutip yang tersedia pada galeri
Insert Citation, dan semua placeholder yang ada pada dokumen. Setelah Anda klik
sebuah entry pada Master List atau Current List,
Anda bisa melakukan hal berikut:
1. Klik tombol Copy untuk menyalin
sumber ke daftar di sebelahnya.
2. Klik tombol Delete untuk menghapus
sumber dari daftar.
3. Klik tombol Edit untuk mengubah
informasi sumber.
4. Preview yang ada di bawah kotak
dialog Source Manager menunjukkan format sumber sebagai entry kutipan dan
daftar isi yang menggunakan style kutipan yang dipakai saat itu.
Jika Anda ingin membuat sumber baru
tanpa menambahkan kutipan pada teks dokumen,
6. klik tombol New.
7.Lengkapi entry
pada kotak dialog Create Source, lalu klik OK. Kutipan akan ditambahkan di
kedua daftar pada kotak dialog Source Manager.
Jika Anda ingin mengurutkan daftar,
klik kotak Sort dan pilih field untuk mengurutkan.
Klik tombol Close.
Cara memasukkan daftar pustaka
(Bibliography):
Klik pada dokumen lokasi dimana Anda
ingin membuat daftar pustaka.
Pada tab References, di grup
Citations & Bibliography, klik Bibliography. Klik salah satu entry pada
galeri yang ditampilkan, atau klik Insert Bibliography pada bagian bawah
galeri. Semua entry pada galeri adalah sama kecuali judulnya. Mereka akan
melampirkan daftar pustaka pada Content Control, yang memungkinkan Anda untuk
mengupdate daftar pustaka dengan cara klik pada tag-nya. Item pada Insert
Bibliography akan memasukkan daftar pustaka tanpa judul atau Content Control.
Jika Anda berencana untuk mengirimkan
dokumen ke publikasi yang berbeda, Anda mungkin memerlukan untuk mengubah style
kutipan ke bentuk standar. Pada tab References, di grup Citations &
Bibliography, klik kotak Style dan pilih style baru. Word 2013 akan secara
otomatis memformat ulang semua kutipan dan daftar pustaka sesuai dengan style
baru.
langkah-langkah berikut
ini untuk cara membuat daftar pustaka otomatis menggunakan Microsoft Word.
1. Buka file Anda
yang ingin dibuat daftar pustakanya pada Miscrosoft Word.
2. Kemudian,
klik tab References lalu pilih Manage Sources.
3. Klik New untuk
membuat satu referensi daftar pustaka.
4. Pilih Type
of Source apakah referensi Anda berasal dari sebuah artikel, buku,
jurnal, website, dan lain-lain seperti yang telah disediakan oleh
Word.
5. Type of
source yang Anda pilih akan sesuai dengan atribut-atribut yang muncul. Isi
masing-masing kolom atribut yang ada terkait pengarang, judul, tahun, kota,
penerbit, dan lain-lain. Klik OK setelah selesai.
6. Pada
bagian Author terdapat tombol Edit yang dapat digunakan untuk
memasukkan nama pengarang yang terdiri dari first, last, dan middle name. Anda
bisa menginput nama pengarang lebih dari satu dengan mengklik Add.
Setelah itu,
muncul tampilan seperti berikut ini dimana ditampilkan daftar referensi
yang telah kita tambahkan sebelumnya.
Terdapat
beberapa tombol seperti Copy untuk menyalin referensi, Delete untuk
menghapus daftar, Edit untuk membuka kotak dialog Create Source
terkait referensi yang dipilih dimana Anda dapat mengubah atribut yang
tersedia, dan New untuk membuat atau menambah referensi baru. Adapun
tombol Copy, Delete, dan Edit bekerja berdasarkan referensi yang dipilih pada
Master List.
7. Kemudian,
setelah Anda menambahkan semua daftar referensi yang Anda inginkan, langkah
selanjutnya adalah dengan menampilkannya ke daftar pustaka pada lembar kerja
Anda. Pilih bagian References, klik Bibliography dilanjutkan
dengan mengklik Insert Bibliography.
8. Lembar
kerja Anda akan terlihat seperti gambar di bawah ini.
Untuk menambahkan daftar baru,
Anda dapat mengulangi cara di atas dengan mengklik tombol New pada Source
Manager seperti pada langkah ke 3. Adapun untuk meng-update daftar
pustaka pada lembar kerja, Anda juga dapat mengulangi cara yang sama dengan
sebelumnya yaitu dengan menggunakan perintah Insert Bibliography pada
langkah ke 7.
Sebelum
meng-update, hapus terlebih dahulu daftar yang ada di lembar kerja Anda,
sehingga Anda memulainya dari lembar kosong. Jika tidak, daftar pustaka Anda
akan memiliki dua daftar di mana daftar pertama memuat daftar yang lama,
sementara daftar kedua merupakan daftar yang telah diperbarui.
9. Selanjutnya,
disini saya akan menambahkan 2 referensi baru sehingga daftar pustaka saya
terdiri dari 3 referensi dan sudah saya tampilkan ke lembar kerja seperti
gambar di bawah ini.
10. Nah, di
sini yang kita permasalahkan adalah urutan daftar pustaka yang tidak sesuai
abjad. Untuk mengurutkannya, Anda harus membuat daftar pustaka Anda ke dalam
bentuk tabel. Klik tab Insert lalu pilih Convert Text to Table.
11. Selanjutnya,
akan muncul kotak dialog Convert Text to Table seperti pada gambar. Masukkan
jumlah kolom sebanyak 1 pada Number of columns dan
pilih Paragraphs pada Separate text at untuk memisahkan
daftar ke dalam masing-masing baris. Sehingga Anda akan melihat bagian Number
of rows otomatis menunjukkan jumlah referensi yang Anda miliki pada daftar
pustaka. Lalu, untuk AutoFit behavior adalah ukuran tabel, Anda
bisa memilih sesuai keinginan Anda.
12. Setelah
itu, daftar isi Anda berada di dalam tabel.
sedangkan descending sebaliknya.
Karena pengurutan daftar pustaka dilakukan sesuai abjad, maka pilih Ascending.
Setelah itu klik OK.
14. Nah,
daftar pustaka Anda telah berurut sesuai abjad.
15.
Selanjutnya, hilangkan border pada tabel untuk memnghilangkan bentuk
tabel itu sendiri. Masih pada tab Home lalu klik Borders yang
ditunjukkan seperti ikom pada gambar. Pilih No Border. Daftar pustaka Anda
akan seperti tanpa tabel.
16.
Selanjutnya, atur jarak pada masing-masing referensi agar terlihat lebih
teratur. Gunakan bagan Paragraph pada tab Layout lalu pada
bagian After atur angka yang Anda inginkan.
Akhirnya, daftar
pustaka Anda sudah selesai.
Sekilas info dari saya,
Jika sumber memiliki banyak author,
klik tombol Edit untuk membuka kotak dialog dimana Anda bisa memasukkan dan
menyusun ulang nama author.
Nama placeholder hanya bisa
menggunakan huruf, angka, dan underscore, tanpa spasi.
Daftar pustaka yang Anda masukkan
berisi semua sumber yang ada pada kotak daftar Current List di kotak dialog
Manage Sources, termasuk sumber yang tidak dikutip tapi tidak menyertakan
placeholder. Sangatlah disarankan untuk melakukan review lagi Current List
untuk mayakinkan bahwa semua entry sudah dipilih untuk mengindikasikan bahwa
sudah memiliki kutipan pada dokumen, dan tidak satupun yang memiliki
tanda-tanya, yang mengindikasikan bahwa itu adalah sebuah placeholder.
Jika Anda menggunakan style kutipan
APA edisi 6 dan Anda memasukkan banyak kutipan dari author yang sama, kutipan
akan salah menyertakan judul publikasi. Untuk mengoreksi hal ini, klik kutipan,
klik tanda-panah-kebawah di ujung-kanan Content Control, lalu klik Edit
Citation. Pada kotak dialog Edit Citation, di bagian yang diberi label
Suppress, pilih check box Title, lalu klik OK.
Itulah tadi pembahasan
tentangbagaimana tekhnik dan panduan membuat kutipan dengan citation dan daftar
pustaka dengan bibioliography. Semoga artikel dapat membantu pembaca jika
kesulitan bagaimana langkah-langkahnya dan yang pastinya semoga bermanfaat. Terimakasih.
Jangan lupa kunjungi www.bunglonmerah.blogspot.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar