Minggu, 09 Juni 2019

Tekhnik Dan Panduan Membuat Kutipan Dengan Citation Dan Daftar Pustaka Dengan Bibiography


CARA MEMBUAT KUTIPAN DENGAN CITATION DAN DAFTAR PUSTAKA DENGAN BIBLIOGRAPHY


Tutorial Memformat laporan

Ketika Anda menulis untuk tugas sekolah atau untuk publikasi dalam jurnal, salah satu bagian yang paling membosankan dan rawan kesalahan adalah melacak sumber-sumber penulisan dan memformat kutipan (Citation) dan daftar pustaka (Bibliography).

Ketika Anda sedang menulis, masukkan tiap kutipan secara langsung pada teks dan masukkan informasi tentang sumbernya. diWord menyimpan informasi tersebut, sehingga Anda bisa dengan mudah menggunakannya lagi untuk mengutip sumber yang sama. Jika Anda tidak memiliki informasi untuk melengkapi kutipan, Anda bisa membuat sebuah placeholder untuk mengisinya nanti dilain waktu.

Anda bisa membuat daftar pustaka kedalam dokumen setelah Anda memasukkan setidaknya satu kutipan, atau Anda bisa menunggu hingga selesai. Daftar pustaka bisa diupdate setiap saat untuk memasukkan atau mengubah kutipan. Ada berbagai style untuk kutipan dan daftar pustaka. Word 2013 bisa memformat informasi untuk menyesuaikan dengan style dengan Publication Manual of the American Psychological Association 6th edition (APA), Chicago Manual of Style 15th edition (Chicago), MLA Handbook for Writers of Research Papers 7th edition (MLA), dan Manual for Writers of Research Papers, Theses, and Dissertations 6th edition (Turabian), dan lainnya.


1.      Cara memilih style untuk kutipan (Citation):

Pada tab References, di grup Citations & Bibliography, klik tanda-panah-kebawah disebelah kotak Style. Klik nama style yang ingin Anda gunakan pada daftar drop-down yang ditampilkan. Style kutipan yang Anda pilih adalah salah satu faktor dalam menentukan bagian informasi mana yang dibutuhkan ketika Anda menambahkan sumber baru. Namun, Anda bisa memilih style yang lain nantinya, dan Word akan otomatis mengubah format yang diterapkan ke dalam kutipan dan daftar pustaka.



Cara menambahkan sumber:

Klik teks pada akhir kalimat atau bagian yang membutuhkan kutipan.
Pada tab References, di grup Citation & Bibliography, klik Insert Citation. Klik Add New Sources pada daftar drop-down yang ditampilkan.


Pada kotak dialog Create Source, klik kotak daftar Type Of Source dan pilih bentuk materi sumber. Field yang ditampilkan dibagian bawah kotak dialog Create Source akan berubah sesuai dengan tipe sumber dan style kutipan.

Ketikkan informasi tentang sumber, lalu klik OK. Kutipan akan muncul pada titik penyisipan didalam dokumen dengan menggunakan style kutipan yang telah digunakan.



Setelah Anda menambahkan sumber, Word akan menambahkannya kedalam galeri pada tombol Insert Citation. Anda bisa memasukkan kutipan untuk sumber yang sama dengan memilihnya dari galeri tersebut.


Cara menambahkan placeholder:

Jika Anda tidak memiliki informasi untuk melengkapi kutipan, pada tab References, di grup Citations & Bibliography, klik Insert Citation. Klik Add New Placeholder pada daftar drop-down yang ditampilkan.

Pada kotak dialog Placeholder Name, ketikkan nama untuk placeholder dan klik OK. Nama placeholder akan ditampilkan pada titik penyisipan di dalam dokumen.



Cara mengatur sumber:

Pada tab References, di grup Citations & Bibliography, klik Manage Sources.



Pada kotak dialog Source Manager, kotak daftar Master List menampilkan semua sumber yang telah Anda buat di dalam komputer, pada semua dokumen yang berisi kutipan, kecuali sumber yang telah Anda hapus. Kotak daftar Current List menampilkan sumber yang dikutip pada dokumen yang sedang dibuka, sumber yang tidak dikutip yang tersedia pada galeri Insert Citation, dan semua placeholder yang ada pada dokumen. Setelah Anda klik sebuah entry pada Master List atau Current List, 

Anda bisa melakukan hal berikut:
1. Klik tombol Copy untuk menyalin sumber ke daftar di sebelahnya.
2. Klik tombol Delete untuk menghapus sumber dari daftar.
3. Klik tombol Edit untuk mengubah informasi sumber.
4. Preview yang ada di bawah kotak dialog Source Manager menunjukkan format sumber sebagai  entry kutipan dan daftar isi yang menggunakan style kutipan yang dipakai saat itu.
Jika Anda ingin membuat sumber baru tanpa menambahkan kutipan pada teks dokumen, 
6. klik tombol New. 
7.Lengkapi entry pada kotak dialog Create Source, lalu klik OK. Kutipan akan ditambahkan di kedua daftar pada kotak dialog Source Manager.

Jika Anda ingin mengurutkan daftar, klik kotak Sort dan pilih field untuk mengurutkan.
Klik tombol Close.





Cara memasukkan daftar pustaka (Bibliography):

Klik pada dokumen lokasi dimana Anda ingin membuat daftar pustaka.
Pada tab References, di grup Citations & Bibliography, klik Bibliography. Klik salah satu entry pada galeri yang ditampilkan, atau klik Insert Bibliography pada bagian bawah galeri. Semua entry pada galeri adalah sama kecuali judulnya. Mereka akan melampirkan daftar pustaka pada Content Control, yang memungkinkan Anda untuk mengupdate daftar pustaka dengan cara klik pada tag-nya. Item pada Insert Bibliography akan memasukkan daftar pustaka tanpa judul atau Content Control.




Jika Anda berencana untuk mengirimkan dokumen ke publikasi yang berbeda, Anda mungkin memerlukan untuk mengubah style kutipan ke bentuk standar. Pada tab References, di grup Citations & Bibliography, klik kotak Style dan pilih style baru. Word 2013 akan secara otomatis memformat ulang semua kutipan dan daftar pustaka sesuai dengan style baru.




langkah-langkah berikut ini untuk cara membuat daftar pustaka otomatis menggunakan Microsoft Word.

1. Buka file Anda yang ingin dibuat daftar pustakanya pada Miscrosoft Word.

2. Kemudian, klik tab References lalu pilih Manage Sources.

3. Klik New untuk membuat satu referensi daftar pustaka.

4. Pilih Type of Source apakah referensi Anda berasal dari sebuah artikel, buku, jurnal, website, dan lain-lain seperti yang telah disediakan oleh Word. 

5. Type of source yang Anda pilih akan sesuai dengan atribut-atribut yang muncul. Isi masing-masing kolom atribut yang ada terkait pengarang, judul, tahun, kota, penerbit, dan lain-lain. Klik OK setelah selesai.

6. Pada bagian Author terdapat tombol Edit yang dapat digunakan untuk memasukkan nama pengarang yang terdiri dari first, last, dan middle name. Anda bisa menginput nama pengarang lebih dari satu  dengan mengklik Add. 

Setelah itu, muncul tampilan seperti berikut ini dimana ditampilkan daftar referensi yang telah kita tambahkan sebelumnya.

Terdapat beberapa tombol seperti Copy untuk menyalin referensi, Delete untuk menghapus daftar, Edit untuk membuka kotak dialog Create Source terkait referensi yang dipilih dimana Anda dapat mengubah atribut yang tersedia, dan New untuk membuat atau menambah referensi baru. Adapun tombol Copy, Delete, dan Edit bekerja berdasarkan referensi yang dipilih pada Master List.

7. Kemudian, setelah Anda menambahkan semua daftar referensi yang Anda inginkan, langkah selanjutnya adalah dengan menampilkannya ke daftar pustaka pada lembar kerja Anda. Pilih bagian References, klik Bibliography dilanjutkan dengan mengklik Insert Bibliography.

8. Lembar kerja Anda akan terlihat seperti gambar di bawah ini.


Untuk menambahkan daftar baru, Anda dapat mengulangi cara di atas dengan mengklik tombol New pada Source Manager seperti pada langkah ke 3. Adapun untuk meng-update daftar pustaka pada lembar kerja, Anda juga dapat mengulangi cara yang sama dengan sebelumnya yaitu dengan menggunakan perintah Insert Bibliography pada langkah ke 7.
Sebelum meng-update, hapus terlebih dahulu daftar yang ada di lembar kerja Anda, sehingga Anda memulainya dari lembar kosong. Jika tidak, daftar pustaka Anda akan memiliki dua daftar di mana daftar pertama memuat daftar yang lama, sementara daftar kedua merupakan daftar yang telah diperbarui.

9. Selanjutnya, disini saya akan menambahkan 2 referensi baru sehingga daftar pustaka saya terdiri dari 3 referensi dan sudah saya tampilkan ke lembar kerja seperti gambar di bawah ini.

10. Nah, di sini yang kita permasalahkan adalah urutan daftar pustaka yang tidak sesuai abjad. Untuk mengurutkannya, Anda harus membuat daftar pustaka Anda ke dalam bentuk tabel. Klik tab Insert lalu pilih Convert Text to Table.

11. Selanjutnya, akan muncul kotak dialog Convert Text to Table seperti pada gambar. Masukkan jumlah kolom sebanyak 1 pada Number of columns dan pilih Paragraphs pada Separate text at untuk memisahkan daftar ke dalam masing-masing baris. Sehingga Anda akan melihat bagian Number of rows otomatis menunjukkan jumlah referensi yang Anda miliki pada daftar pustaka. Lalu, untuk AutoFit behavior adalah ukuran tabel, Anda bisa memilih sesuai keinginan Anda.

12. Setelah itu, daftar isi Anda berada di dalam tabel.

13. Langkah selanjutnya adalah mengurutkan daftar pustaka Anda. Sebelumnya blok tabeldaftar pustaka Anda. Lalu, klik pada tab Home kemudian pilih Sort yang dilambangkan dengan ikon AZ, sehingga akan muncul kotak dialognya. Poin penting yang ada di bagian ini adalah Ascending dan Descending. Ascending adalah pengurutan dari abjad A ke Z,
sedangkan descending sebaliknya. Karena pengurutan daftar pustaka dilakukan sesuai abjad, maka pilih Ascending. Setelah itu klik OK.

14. Nah, daftar pustaka Anda telah berurut sesuai abjad.

15. Selanjutnya, hilangkan border pada tabel untuk memnghilangkan bentuk tabel itu sendiri. Masih pada tab Home lalu klik Borders yang ditunjukkan seperti ikom pada gambar. Pilih No Border. Daftar pustaka Anda akan seperti tanpa tabel.

16. Selanjutnya, atur jarak pada masing-masing referensi agar terlihat lebih teratur. Gunakan bagan Paragraph pada tab Layout lalu pada bagian After atur angka yang Anda inginkan.

Akhirnya, daftar pustaka Anda sudah selesai.
 


Sekilas info dari saya,
Jika sumber memiliki banyak author, klik tombol Edit untuk membuka kotak dialog dimana Anda bisa memasukkan dan menyusun ulang nama author.
Nama placeholder hanya bisa menggunakan huruf, angka, dan underscore, tanpa spasi.
Daftar pustaka yang Anda masukkan berisi semua sumber yang ada pada kotak daftar Current List di kotak dialog Manage Sources, termasuk sumber yang tidak dikutip tapi tidak menyertakan placeholder. Sangatlah disarankan untuk melakukan review lagi Current List untuk mayakinkan bahwa semua entry sudah dipilih untuk mengindikasikan bahwa sudah memiliki kutipan pada dokumen, dan tidak satupun yang memiliki tanda-tanya, yang mengindikasikan bahwa itu adalah sebuah placeholder.

Jika Anda menggunakan style kutipan APA edisi 6 dan Anda memasukkan banyak kutipan dari author yang sama, kutipan akan salah menyertakan judul publikasi. Untuk mengoreksi hal ini, klik kutipan, klik tanda-panah-kebawah di ujung-kanan Content Control, lalu klik Edit Citation. Pada kotak dialog Edit Citation, di bagian yang diberi label Suppress, pilih check box Title, lalu klik OK.
Itulah tadi pembahasan tentangbagaimana tekhnik dan panduan membuat kutipan dengan citation dan daftar pustaka dengan bibioliography. Semoga artikel dapat membantu pembaca jika kesulitan bagaimana langkah-langkahnya dan yang pastinya semoga bermanfaat. Terimakasih. Jangan lupa kunjungi www.bunglonmerah.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar