Senin, 10 Juni 2019

Pengenalan Microsoft Excel 2010, Mengenal Menu Dan Fungsi Menu Ms Excel


 PENGENALAN MICROSOFT EXCEL 2010, MENGENAL MENU DAN FUNGSI MENU MS EXCEL

Bekerja dengan Excel berarti bekerja dengan berbagai data. Excel adalah software pengolah data yang memiliki banyak perintah pendukung untuk memaksimalkan pengolahan data. Excel juga biasa disebut sebagai program spreadsheet dimana tiap-tiap data dapat anda sisipkan pada lembar kerja (worksheet) berbeda. Excel 2010 akan makin mempermudah kerja seorang manajer karena beberapa perintah pendukungnya telah disempurnakan. Untuk lebih jelasnya, kita akan membahas satu persatu fungsi apa saja yang ada di Excel 2010.


Berikut adalah Komponen yang ada didalam Microsoft Excel 2010:








bagian-bagian atau elemen utama yang terdapat pada jendela excel 2010 adalah sebagai berikut :

1. tab file
tombol yang berisi menu full down tombol ini sebagai pengganti microsoft office button (atau tombol microsoft) yang terdapat pada excel versi 2007
2. quick access toolbar
berisi tombol atau ikon untuk mengolah data.tombol ini dapat diletakkan diatas atau dibawah pita (ribbon)
3. nama buku kerja atau file excel
ketetapan awal (default) nama buku kerja adalah bookx (book1,book2 dan seterusnya)
5. nama program aplikasi
bagian atau komponen yang berisi buku kerja dan program aplikasi dinamakan title bar.
6. sizing button
berisi tombol minimize,maximize/restore dan close yag berfungsi untuk mengatur ukuran jendela atau mengakhiri pengguna program aplikasi.
7. minimie the ribbon
jika tombol ini diklik ,tampilan pita atau ribbon disembunyikan dan tanda panah menjadi arah kebawah dengan nama tombol expend the ribbon.jika anda klik tombol ini ,pita atau ribbon akan ditampilkan kembali.
8. micrsoft excel help (F1)
klik tombol ini jika anda memerlukan bantuan,penjelasan atau informasi seputar program aplikasi excel.
9. ribbon
berisi semacam tombol atau ikon untuk mengolah data
10.cell pointer
merupakan indikator penunjuk sel yang sedang aktif
11. formula bar
berisi isi informasi sel yang sedang aktif,dengan kata lain apa yag anda isikan pada suatu sel dapat dilhat dalam baris rumus.
12. nama kolom
yang dimulai dari A s.d XFD dengan jumlah 16.384 kolom.
13.scroll bar
berfungsi untuk mengeser posisi data pada layar ke kiri atau ke kanan dan mengeser kearah atas atau kebawah.
14. nama baris
yang dimulai dari angka 1 sampai dengan 1048576
15.tombol navigasi
berfungsi untuk berpindah antar sheet
16. tab lembar kerja
berisi nama lembar kerja dalam satu buku kerja,untuk berpindah lembar kerja,pilih dan klik nama lembar kerja yang dikehendaki.
17. status bar
sebuah papan yang bersi berbagai tombol atau ikon untuk mengaktifkan pekerjaan tertentu atau berisi informasi tertentu
18. view mode
digunakan untuk mengatur mode tampilan lembar kerja
19. zoom slider
digunakan untuk memperbesar atau memperkecil tampilan lembar kerja





Gambar 1. Tampilan Workbook Excel 2010


1. Tab Ribbon, berisi groups-groups yang didalamnya terdapat beberapa tools (tombol perintah). Tab yang terdapat dalam Excel antara lain:

·  Tab File, berisi beberapa perintah standar dalam pengoperasian worksheet Excel, seperti: membuka/menutup file, menyimpan data dan sebagainya.
·    Tab Home, berisi tombol-tombol perintah yang bisa digunakan untuk memformat data.Tab Insert, berisi tombol-tombol perintah untuk menyisipkan objek seperti: Picture (gambar), Clipart, diagram/chart, Pivot Table dan sebagainya.
·         Tab Page Layout, berisi tombol-tombol perintah untuk pengaturan halaman.
·         Tab Formulas, berisi tombol-tombol perintah untuk menyisipkan fungsi-fungsi formula yang terdapat dalam  Excel.
·         Tab Data, berisi tombol-tombol perintah untuk pengolahan data, seperti Sort, Filter dan Import data dari program atau aplikasi lain.
·         Tab Review, berisi tombol-tombol perintah yang berisi pengaturan worksheet Excel yang meliputi spelling, Translate, New Comment (penambahan komentar, serta proteksi data dan workbook.
·         Tab View, berisi tombol-tombol perintah untuk pengaturan worksheet Excel (Workbook Views), Zoom, Gridlines dan tampilan beberapa jendela.


2. Groups, adalah bagian yang berisi sekumpulan tombol perintah yang terletak dibawah tab

3. Quick Access Toolbar, merupakan toolbar standar yang berisi tombol perintah yang seringdigunakan, seperti tombol Save, tombol Undo dan  tombol Redo

4. Tombol Dialog,  yang terletak disebelah kanan groups dan berfungsi untuk membuka kotak dialog

5. Tombol Minimize, Maximaze, Close, untuk memperkecil, memperbesar, atau menutup tampilan          worksheet dokumen Excel

6. Tab Sheet, merupakan kartu  yang menampung nama-nama dari sheet dalam Excel, Worksheet merupakan lembar kerja yang digunakan untuk menampung dan mengolah data

7. Navigasi Sheet, merupakan tombol-tombol perintah yang berfungsi untuk berpindah antar sheet yang sedang aktif.

8. Zoom Level, merupakan bagian yang berisi tombol-tombol perintah yang mengatur besar kecilnya tampilan lembar kerja 

worksheet merupakan lembar kerja yang berupa kolom dan baris.Satu sheet terdiri dari 16.384 kolom dan 1.048.576. Jumlah ini tidak terlalu berbeda dengan Excel versi sebelumnya . Nama kolom berupa abjad dari mulai kolom A sampai dengan kolom XFD, dan nama baris berupa angka satu sampai dengan 1.048.576. Agar lebih jelas, perhatikan penjelasan bagian-bagian  pada worksheet 2010 berikut ini:


Gambar 2. Tampilan Worksheet Excel 2010

 
1. Sel, merupakan perpotongan antara kolom dan baris yang mempunyai nama. Nama sel atau alamat sel diambil dari perpaduan antara nama kolom dan baris itu sender, misalnya: sel D5, F12 dan sebagainya.
2. Range Sel, merupakan kumpulan dari kolom, baris dan sel yang tertampung dalam worksheet
3. Select Sel, digunakan untuk memilih semua sel dalam satu worksheet
4. Name Box, adalah suatu kotak yang dipakai untuk menampung nama-nama range yang dibuat dalam Excel
5. Tab Split, merupakan tuas pemisah yang terletak diantara tab sheet dengan batang penggulung horizontal. Geser tuas split untuk mengatur ukuran lebar bagian tab sheet dengan bagian batang penggulung horizontal
6. Formula Bar, merupakan  kotak isian yang nantinya dapat berisi rumus dari data yang sedang diolah


Bekerja dengan Excel berarti bekerja dengan berbagai data. Excel adalah software pengolah data yang memiliki banyak perintah pendukung untuk memaksimalkan pengolahan data. Excel juga biasa disebut sebagai program spreadsheet dimana tiap-tiap data dapat anda sisipkan pada lembar kerja (worksheet) berbeda. Excel 2010 akan makin mempermudah kerja seorang manajer karena beberapa perintah pendukungnya telah disempurnakan. Untuk lebih jelasnya, kita akan membahas satu persatu fungsi apa saja yang ada di Excel 2010.


sekian penjelsan dari pengenalan microsoft excel 2010, serta mengenal menu dan fungsi menu microsoft 2010. semoga bermanfaat. terimakasih. jangan lupa kunjungi www.bunglonmerah.blogspot.com
 





 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar