Minggu, 09 Juni 2019

Pengenalan Microsoft Word 2010, Menu dan Fungsi Menu Ms Word 2010

PENGENALAN MICROSOFT WORD 2010, MENU DAN FUNGSI MENU MS. WORD 2010

A.     MEMULAI MICROSOFT WORD

1.      Buka menu Start dengan mengarahkan pointer (kursor) ke tombol Start.
2.      Dari menu Star, arahkan kursor ke Program.
3.      Dari menu Program, arahkan kursor ke Microsoft Word kemudian klik.




1.      Title Bar
Title bar berfungsi untuk memuat nama program, nama user dan nama dokumen. Title bar atau baris judul digunakan untuk menampilkan nama file yang aktif. Pada bagian pojok kanan atas terdapat ikon untuk minimize, maximize, restore, dan close.
a.       Minimize: Digunakan untuk menampilkan jendela MS Word ke ukuran minimal berbentuk ikon.
b.       Maximize: Digunakan untuk menampilkan jendela MS Word ke ukuran maksimal memenuhi layar.
c.        Restore: Digunakan untuk menampilkan ukuran jendela MS Word yang dapat diatur panjang dan lebarnya.
d.       Close: Digunakan untuk menutup atau keluar dari MS Word.

2.      Menu Bar
Menu bar adalah baris yang memuat sekumpulan menu berupa tulisan, yaitu File, Edit, View, Insert, Format, Tools, Table, Window, dan Help. Untuk memilih dan mejalankan menu bar, dapat dilakukan dengan cara mengklik menu yang dikehendaki dan kemudian akan menampilkan submenu yang berisi perintah.

a.       File: Menu file berisi perintah-perintah untuk pengerjaan yang berhubungan dengan dokument atau lembar kerja, seperti membuka file dokument, menutup, menyimpan mencetak, membuat dokumen baru, mengatur halaman pencetakan dan lain sebagainya.
b.       Edit: secara umum menu edit berisi perintah-perintah yang digunakan untuk menyalin/mengkopi, membatalkan perintah, mencari kata atau kalimat, mengganti kata atau kalimat secara otomatis, dan lain sebagainya.
c.        View: menu view berisi perintah-perintah untuk menampilkan dan mengelola berbagai tool bar dan tampilan lainnya dalam MS Word. Misalnya digunakan untuk menampilkan ruler, membesarkan dan mengecilkan tampilan lebar kerja, menampilkan Header dan Footer, menampilkan jendelan task pane, dan lain sebagainya.
d.       Insert: menu insert berisi perintah-perintah untuk berbagai proses penyisipan kedalam dokumen, seperti penyisipan nomor halaman, gambar, diagram, grafik, simbol, dan lain sebagainya.
e.        Format: menu format berisi perintah-perintah untuk berbagai proses pemformatan, seperti memberi garis bawah pada huruf, menebalkan huruf, mengatur ukuran huruf, memberi border atau bingkai, memberi warna, dan lain sebagainya.
f.        Tools: menu tools berfungsi menyediakan alat-alat bantu (Tools) untuk mengolah data MS Word lebih lanjut yang tidak dimasukan kedalam menu lain. Misalnya untuk mengecek ejaan, membuat mail merge, menghitung jumlah huruf dalam dokumen, danlain sebagainya.
g.        Table: menu table berfungsi menyediakan perintah-perintah dalam mengolah tabel, seperti pembuatan tabel, penyisipan tabel, menghapus tabel, menuliskan formula atau rumus, dan lain sebagainya.
h.       Windows: menu windows pada microsoft word berfungsi untuk mengatur tampilan berbagai dokumen yang sedang aktif, apakah akan ditampilkan secara bersamaan atau bergantian dalam sebuah layar monitor.
i.         Help: menu help disediakan sebagai alternatif lain bagi para pemakai yang inginmemperoleh bantuan secara singkat dan jelas tentang sesuatu hal yang kurang dimengerti pada saat menggunakan Microsoft word.

3.      Toolbar
Toolbar adalah baris yang memuat sekumpulan ikon berisi perintah-perintah Microsoft Word, biasanya terletak dibawah menu bar. Masing-masing ikon menggambarkan perintah yang terkandung didalamnya. Jika pointer kita letakan pada salah satu ikon, maka akan ditampilkan kotak kecil yang berisi keterangan perintah atau nama ikon tersebut. Menjalankan perintah melalui ikon toolbar lebih cepat dari pada melalui menu bar.

4.      Ruler / Mistar
Ruler atau mistar digunakan sebagai alat bantu dalam mengukur margin, tabulasi, dan paragraf. Satuan ukurannya dapat dipilih sesuai keinginan, seperti centimeter, inchi, milimeter, point, atau pica. Ruler terdiri dari dua macam, yaitu horizontal dan vertical.

5.      Scroll Bar
Scroll bar digunakan untuk menggeser lembar kerja yang tidak tampak pada layar agar dapat ditampilkan. Jika kita ingin menggeser lembar kerja kekiri atu kekanan, maka kita dapat menggunakan horizontal scroll bar. Jika kita ingin menggeser lembar kerja ke atas atu kebawah, maka kita dapat menggunakan scroll bar vertical.

6.      Status Bar
Status bar terletak pada bagian bawah layar MS Word. Status bar berisi informasi mengenai halaman yang sedang kita sunting, antara lain: nomor halaman, nomor seksi, baris, kolom, dan lain sebagainya.

7.      Work Area atau Lembar Kerja
Work area merupakan pada bagian layar yang digunakan untuk membuat atau memperbaiki naskah.

8.      File
Menu file berfungsi untuk mengatur file dokumen seperti menyimpan, membuka, mengatur kertas dokumen dan lain sebagainya.
a.       File adalah sub-sub perintah yang berkaitan dengan dokumenya, terdiri dari.
b.       Save: untuk menyimpan dokumen yang telah dibuat
c.       Save as: untuk menyimpan dokumen dengan nama yang bebeda <dengan catatan ada dokumen yangsudah pernah disimpan sebelumnya
d.       Open: untuk membuka dokumen yang pernah disimpan
e.    Close: untuk menutup lembar kerja ( bukan keluar dari lembar kerja atau menutup aplkasi)
f.    Info: untuk memberi tahu tentang informasi dokumen mulai dari jumlah dokumen, size dokumen, dan sebagainya
g.      Recent: untuk menampilkan dokumen yang sebelumnya dibuka dalam waktu dekat
h.     New: untuk membuat dokumen baru. Di dalamnya terdapat dokumen template untuk   membuat dokumen sesuai template yang disediakan
i.       Print: untuk mencetak dokumen menjadi HandOut
j.       Save & Send : untuk menyimpan dokumen dalam bentuk web atau mengirim dokumen secara langsungmelalui e-mail atau juga menyimpan dokumen dalam bentuk PDF/XPS
k.       Help: untuk memberi informasi tentang produk Microsoft
l.         Option: untuk men-setting tampilan atau fitur pada ms. Word
m.     Exit: keluar dari program word

9.      Home
Home adalah sub-sub menu yang berhubungan dengan pengeditan

a.    Grup clipboard:
1)      Cut: untuk memindahkan suatu karakter ke posisi yang lain
2)      Copy: untuk menduplikat suatu karakter ke posisi yang lain
3)      Format painter : meng-copy format-an dalam suatu karakter ke dalamposisi yang lain
4)      Paste: manampilkan hasil dari cut dan copy

b.   Grup Font:
Berhubungan dengan format text (dari kiri atas sampai kanan bawah)
1)       Font style: untuk menentukan jenis huruf
2)       Font size: untuk menentukan ukuran huruf.
3)       Grow Font: untuk membuat tulisan diperbesar
4)       Shrink font: untuk membuat tulisan diperkecil
5)       Change Case: untuk mengubah teks secara kapital atauhuruf kecil. 
6)       Clear Formating: untuk menghapus semua format pada sebuah tulisan.
7)       Bold: untuk mempertebal text
8)       Italic: untuk mempermiring tulisaN
9)       Underline: untuk membuat text bergaris bawah
10)   Strikethrough: membuat tanda coret atau garis ditengah text
11) Subscript: untuk membuat karakter lebih kecil dan bertempat diatas seperti pemangkatan
12) Superscript: untuk membuat karakter lebih kecil dan bertempat diatas seperti pemangkatan
13)   Text Effect: untuk memberi efek atristik pada teks yang dipilih
14)   Text Highlight Color: memberikan latar warna pada text yang dipilih seperti stabile
15)   Font Color: mengubah warna dari text.

c.    Grup Paragraph:
1)      Bullets: memberi tanda bullet pada paragraf yang dipilih.
2)      Numbering: memberi penomoran pada paragraf yang dipilih.
3)      Multilevel list: membuat list tingkatan pada setiap number.
4)    Decrease indent (ctrl+shift+m): mengurangi tata letak denganmenggeser text ke kiri.
5)      Increase indent (ctrl+m): menambah tata letak degan menggeser text ke kanan.
6)      Sort: untuk mengurutkan data.
7)      Show paragraph marks (ctrl+*): untuk menampilkan atau menyembunyikan tanda
       paragraf.
8)      Align text left (ctrl+L): untuk membuat paragraf rata kiri.
9)      Align text centre (ctrl+e): untuk membuat paragraf rata tengah.
10)  Align text right (ctrl+R): untuk membuat paragraf rata kanan.
11)  Justify (ctrl+J): untuk membuat text rata kanan-kiri.
12)  Line and Paragraph spacing (space 1: ctrl+1 ; space 1,5 : ctrl+5 ; space 2 : ctrl+2): untukmengatur jarak dari antar baris text.
13)  Shading: mengatur warna background text yang terpilih.
14)  Border: untuk membuat garis tepi pada text yang dipilih.

d.        Grup Styles (Ctrl+Shift+Alt+S):
1) Heading styles (Heading1 : ctrl+alt+1 ; Heading2 : ctrl+alt+2 ; Heading3 : ctrl+alt+3): memberikan tipe-tipe text yang dapat dipilih.
2)    Change styles : pengatur tema paragraph

e.      Grup Editing:
1)  Find (ctrl+f): untuk mencari text yang ingin dicari dalam dokumen sesuai inputyang dibuat.
2)   Replace (ctrl+h): untuk mencari dan mengganti text tertentu sesuai inputyang sudah dibuat.
3)      Select: untuk memilih objek atau text yang dipilih

10.  Insert
Menu insert berfungsi untuk menambahkan sesuatu kedalam dokumen
a.      Grup Pages
1)      Cover pages: untuk membuat jenis halaman sampul
2)      Blank page: membuat page kosong yang baru.
3)      Page break: memisahkan suatu halaman file dokumen. 

b.      Grup Tables
1)      Insert table: untuk menyisipkan table.
2)      Draw table: menyisipkan table dengan cara melukisnya di dokumen.
3)      Convert text to table: menjadikan text tertentu berada di alam table.
4)      Excel spread sheet: menyisipkan table dalam bentuk lembar kerja excel.
5)      Quick table: untuk menyisipkan table instan yang sudah disediakan oleh microsoft wordnya.

c.       Grup Illustration:
1)      Picture: menyisipkan gambar ke dokumen yang ada dikomputer.
2)      Clip art: menyispikan gambar yang sudah disediakan olehprogram.
3)      Shapes: untuk menyispikan gambar dalam bentukbagunan (balok).
4)      Smartart: menyisipkan gambar dalama bentuk organisasi.
5)      Chart: untuk menyisipkan diagram.
6)      Screenshoot: untuk mengambil gambar dari layar.

d.      Grup Links:
1)      Hyperlink: untuk meng-link-kan sebuah text ke tempat lain.
2)      Bookmark: untuk memberi tanda pada halaman.
3)      Cross-reference: untuk membuat refrensi antar file

e.      Grup Header & Footer:
1)      Header: untuk mengatur bagian atas dalam dokumen.
2)      Footer: untuk mengatur bagian bawah dalam dokumen.
3)      Page number: untuk mengatur halaman pada dokumen

f.        Grup Text:
1)      Text box: untuk menyisipkan box dengan diisi text.
2)      Quick parts: digunakan untuk mengatur text secaraotomatis.
3)      Wordart: untuk menyisipkan text bergaya artistik.
4)      Dropcap: untuk membuat huruf dari awalan paragraflebih besar.
5)      Signature Line: untuk menyisipkan tanda tangan secaradigital.
6)      Date & time: menyisipkan tangal dan waktu terkini.
7)  Object: digunakan untuk menyisipkan objek dengan extensi Object Linking Embeded (*.OLE)

g.      Grup Symbols:
1)      Equation: untuk menyisipkan simbol-simbol dalam bidang matematika dansains.
2)      Symbol: untuk menyisipkan karakter khusus

11.  Page Layout
a.      Grup Themes:
1)      Themes: untuk membuat tampilan tema pada Microsoft lebih menarik.
2)      Colors: untuk membuat warna themes menjadi sesuai warna yang kia pilih.
3)      Fonts: untuk memilih font yang kita inginkan dalam themes.
4)      Effects: untuk memberi efek pada gambar yang akan muncul di themes tersebut.

b.      Grup Page Setup:
1)   Margins: untuk menentukan ukuran dari masing-masing margin (dari left, right, top, buttom).
2)      Orientation: untuk mengubah orientasi lembar kerja.
3)      Size: digunakan untuk mengatur ukuran dari kertas.
4)      Colomns: untuk membuat page yang dipilih berkolom.
5)      Breaks: untuk mengatur tampilan halaman pada dokumen.
6)  Line numbers: untuk mengatur penomoran dalam dokumen (dalam artian kuantitasnya).
7)    Hyphenation: untuk memisahkan suku kata dengan tanda hubung secara otomatis atau secara manual

c.       Page Background:
1)      Watermark: menambah watermark ke latar belakang dokumen.
2)      Page color: untuk mengubah warna latarbelakang dokumen.
3)      Page borders: untuk menambah perbatasan pada dokumen

d.      Grup Paragraph:
1)      Left: untuk menentukan batas indent kiri pada paragraf.
2)      Right: untuk menentukan batas indent kanan padaparagraf.
3)      Before: untuk membuat jarak antar baris sebelum barisyang dipilih.
4)      After: untuk membuat jarak antar baris sesudah barisyang dipilih

e.      Grup Arrange:
1)      Position: untuk menentukan posisi gambar.
2)      Wrap text: untuk memberi posisi gambar sesuaikeinginan kita.
3)      Bring forward: membuat gambar ke depan.
4)      Send backward: membuat gambar ke belakang.
5)      Selection Pane: membuat seleksi pada gambar.
6)      Align: membuat gambar rata kiri/kanan/tengah.
7)      Group: untuk menyusun beberapa gambar menjadi sebuah grup gambar.
8)      Rotate: untuk memutar gambar

12.  References
a.      Grup Table Of Contents:
1)     Table of contents: digunakan untuk membuat daftar isi.
2)     Add text: mengelolah paragraf yang digunakan untuk dapat dikaitkandengan daftar isi yang dibuat.
3)      Update table: untuk memperbarui daftar isi

b.      Grup Footnotesi:
1)      Insert footnote: untuk menyisipkan catatan kaki (rujukan).
2)      Next footnote: untuk menuju ke footnote selanjutnya atau endnote.
3)      Insert Endnote: untuk menyisipkan suatu informasi yang terdapat padadokumen.
4)      Show notes: menampilkan lokasi catatan footnote ataupun endnote.

c.       Grup Citations & Bibliography:
1)   Insert citation: untuk menyisipkan kutipan langsung pada text.
2)   Manage sources: untuk mengelolah segala sumber kutipan yang mungkindisisipkan pada semua lembar.
3)    Sytle: untuk memilih bibliography yang diinginkan.
4)     Bibliography: untuk menyisipkan daftar pustaka ke dalam file dokumen

d.      Grup Captions:
1)     Insert caption: untuk membuat keterangan pada gambar atau ilustrasi yang
       disisipkan.
2)      Insert table of figures: daftar isi dari gambar yang disisipkan.
3)      Update table: untuk memperbarui daftar isi table gambar yang sudah ada.
4)      Cross-reference: menyisipkan refrensi dengan tanda silang

e.      Grup Index:
1)      Mark entry: menandai adanya masukan baru dalam dokumen.
2)      Insert index: untuk menyisipkan data index dalam dokumen.
3)      Update index: untuk memperbarui daftar index yang telah ada 

f.        Grup Table Of Authorities:
1)      Mark citation: untuk menandai kutipan pada text.
2)      Insert table of Authorities: untuk membuat daftar dari nama-nama pengarang.
3)      Update table: untuk memperbarui table of authorities

13.  Mailings
a.      Grup Create:
1)      Envelopers: untuk membuat amplop.
2)      Labels: untuk membuat alamat atau tulisan pada amplop tersebut. 

b.      Grup Start Mail Marge:
1)      Start mail marge: Untuk membuat mail dengan lebih dari satu.
2)      Select Recipents: untuk memilih peserta mail.
3)      Edit recepients list: mengedit daftar peserta mail

c.       Write & Insert Fields:
1)      Highlight merge fields: untuk membuat efekstabilo pada text.
2)      Addres block: untuk membuat balok padabagian alamat.
3)      Greeting line: untuk menyisipkan kalimatpembuka dalam surat.
4)      Insert merge field: untuk membuat tempat baru bagi bagian mail yang baru.
5)      Rulers: penggaris untuk memberi tahukan jarak.
6)      Match fields: untuk menyamakan daftar dalam mail.
7)      Update labels: untuk membarui isi dari label

d.      Preview Result:
1)      Preview Result: untuk melihat amplop sebelum dicetak.
2)      Find recipient: mencari letak dari salah satu peserta.
3)     Auto check for error: mencek setiap kalimat yang ada dengantata penulisan sebuah bahasa.

e.      Grup Finish:
1)      Finish & Marge: untuk mencetak atau mengirim semua mail

14.  Review
a.      Grup Proofing:
1)      Spelling & Grammar: mengecek segala penulisan tata bahasapada dokumen.
2)      Research: mencari sebuah kalimat dalam sebuah buku.
3)      Thesaurus: untuk melihat rincian kata pada dokumen.
4)      Word count: menghitung semua kata yang terdapat dalam dokumen.

b.      Grup Language:
1)      Translate: untuk mengubah sebuah kata atau kalimat ke bahasa lain.
2)      Language: mengatur dalam grammar dokumen

c.       Grup Comments:
1)      New Comment: membuat komentar baru pada sebuah kata.
2)      Delete: menghapus komentar yang terdapat pada sebuah kata.
3)      Previous: melihat komentar sebelumnya.
4)      Next: melihat komentar sesudahnya.

d.      Grup Tracking:
1)  Track Changes: membuat kita dapat mengetahuidokumen yang pernah diubah (suting).
2)      Show Markup: melihat secara keseluruhan padadokumen yang diedit.
3)      Reviewing Pane: melihat semua perubahan yang pernah ada. 

e.      Grup Changes:
1)      Accept: menerima perubahan yang pernah disuting olehorang lain.
2)      Reject: menolak perubahan oleh orang lain. 

f.        Grup Compare:
1)      Compare: untuk membandingkan dua versi dokumen, sesudah di-suting maupun yang belum.

g.      Grup Protect:
1)      Block Authors: menghapus nama pengarang.
2)      Restrict Editing: untuk membuat orang lain merasa terbatasmengedit dokumen.

15.  View
Menu view berfungsi untuk mengatur bagaimana tampilan dokumen.
a.   Grup Document View:
1)      Print Layout: memberi tampilan dokumen yang akan dicetak.
2)      Full Screen Reading: Membuat dokumen full layar dalammembaca.
3)      Web Layout: memberi tampilan dokumen dengan bentukweb.
4)      Outline: untuk memberi tampilan outline.
5)      Draft: untuk memberi tampilan seperti draft.

b.      Grup Show:
1)   Ruler: menampilkan atau menyembunyikan alatbantu penggaris.
2)   Gridlines: untuk menampilkan atau menyembunyikanalat bantu berupa kotak-kotak.
3)   Navigation Pane: untuk menampilkan ataumenyembunyikan alat bantu berarahan dalam mengerjakan dokumen

c.         Grup Zoom:
1)      Zoom: menampilkan dokumen sesuai ukuran yang dipilih.
2)      One page: menampilkan dokumen satu-persatu.
3)      Tow pages: manampilkan dokumen dengan dua-dua.
4)      Page width: menampilkan lebar dari dokumen yang kita buat.

d.        Grup Window:
1)    New Window Arrange All: menyusun beberapa windows yang ada menjadi   teratur.
2)     Split: memisahkan windows yang ada.
3)     View side by side: menampilkan windows secara bersebelahan.
4)      Synchronous Scrolling: mempermudah dalam meng-switch windows.
5)      Reset window positions: mengatur ulang ukuran atau letak dari window.
6)      Switch windows: mengganti tampilan pada window.
7)      Macros: menambah sebuah fitur yang berskala besar







Tidak ada komentar:

Posting Komentar