Menggunakan
Fungsi Logika “IF” Dan Contoh Penggunaanya
Jenis-jenis fungsi IF
1. Fungsi IF Tunggal
Dalam Excel perintah logika dikenal dengan fungsi logika
IF, yaitu suatu fungsi yang digunakan untuk menyelesaikan suatu masalah yang
dihadapkan dengan suatu kondisi tertentu.Kondisi tersebut membentuk suatu
pernyataan yang baku dan menuntut jawaban "Benar" dan
"Salah".
Untuk setiap nilai benar dan salah yang diberikan, jika
bertype Karakter, maka harus dipetikdua ( " " ) sedangkan yang bertypeNumerik /
Angka maka diketikkan biasa saja. Fungsi logika IF yang hanya memiliki
satu kondisi / syarat, sehingga dipastikan memiliki dua hasil yang akan
ditampilkan yaitu hasil yang sesuai syarat (kondisi) atau hasil yang tidak
sesuai syarat (kondisi) akibat dari satu kondisi atau syarat tersebut, sehingga
hanya membutuhkan satu IF (Tunggal)
2. Fungsi IF Bertingkat
Fungsi IF sendiri pada Excel merupakan fungsi dasar yang
sering digunakan untuk mengolah suatu nilai data tertentu demi mendapatkan
kriteria yang sesuai dengan nilai range atau nilai batas pemilihannya.
Fungsi ini sering disebut juga sebagai fungsi untuk pengambilan keputusan, dimana kita menetapkan rule / aturan dalam menentukan nilai yang berbeda, sehingga nilai tersebut akan dikelompokkan sesuai dengan batasan yang telah ditentukan.
Syntax dasar dari fungsi IF adalah sebagai berikut
Fungsi ini sering disebut juga sebagai fungsi untuk pengambilan keputusan, dimana kita menetapkan rule / aturan dalam menentukan nilai yang berbeda, sehingga nilai tersebut akan dikelompokkan sesuai dengan batasan yang telah ditentukan.
Syntax dasar dari fungsi IF adalah sebagai berikut
=IF(logical_test_value; value_if_true; value_if_false)
Logical_test bisa berupa nilai atau ekspresi yang dapat
dievaluasi ke nilai TRUE (benar) atauFALSE (salah)
Value_if_true adalah nilai yang dikembalikan/dihasilkan
jika logical_test bernilai benar
Value_if_false adalah nilai yang
dikembalikan/dihasilkan jika logical_test bernilai salah
Sedangkan Syntax dari Fungsi IF bertingkat adalah sebagai
berikut :
=IF(logical_test_value; value_if_true_1;IF(logical_test_value; value_if_true_2;IF(logical_test_value; value_if_true_n;value_if_false)
=IF(logical_test_value; value_if_true_1;IF(logical_test_value; value_if_true_2;IF(logical_test_value; value_if_true_n;value_if_false)
setelah Anda selesai membuat tabel Nilai seperti gambar
diatas, pada cell F3 buatformulanilai rata-rata dengan rumus
=SUM(C3:E3)/3, kemudian copy paste pada baris selanjutnya. Perhatikan untuk
kolom Nilai Angka, buat formula fungsi IF pada cell G3 tersebut seperti ini :
=IF(F3>=85;"A";IF(F3>=70;"B";IF(F3>=55;"C";"D")))
Dari formula IF bertingkat tersebut, ditentukan bahwa apabila nilai rata-rata yang terdapat pada Cell F3 bernilai lebih dari 85 maka Nilai Angka(Huruf) pada cell G3 akan bernilai "A", jika nilai>= 70 maka nilai angka "B", sedangkan nilai "C" jika nilai rata-rata >= 55 dan "D" apabila nilai rata-rata kurang dari 55.
Selanjutnya adalah copy paste pada baris berikutnya pada kolom angka tersebut Fungsi IF AND
=IF(F3>=85;"A";IF(F3>=70;"B";IF(F3>=55;"C";"D")))
Dari formula IF bertingkat tersebut, ditentukan bahwa apabila nilai rata-rata yang terdapat pada Cell F3 bernilai lebih dari 85 maka Nilai Angka(Huruf) pada cell G3 akan bernilai "A", jika nilai>= 70 maka nilai angka "B", sedangkan nilai "C" jika nilai rata-rata >= 55 dan "D" apabila nilai rata-rata kurang dari 55.
Selanjutnya adalah copy paste pada baris berikutnya pada kolom angka tersebut Fungsi IF AND
Rumus AND Excel digunakan untukdua logika (kriteria) atau
lebih yang semuanya harus memenuhi syarat maka menghasilkan nilai TRUE.Jika
salah satu logika tidak terpenuhi sesuai dengan syarat yang ditetapkan, maka
akan menghasilkan nilai FALSE.
Penulisan atau bentuk dasar rumus AND
=AND(logika_1,logika_2)
Tanpa basa-basi langsung dipraktikkan.Saya mengambil contoh yang sudah dipakai rumus OR. Cuma diganti rumusnya menjadi AND.
=AND(A1=5,B1>7)
Rumus ini menghasilkan nilai TRUE jika sel A1 berisi 5 dan B1 lebih besar dari 7.Ketika salahsatunya tidak memenuhi syarat tersebut maka akan menghasilkan FALSE.
Penulisan atau bentuk dasar rumus AND
=AND(logika_1,logika_2)
Tanpa basa-basi langsung dipraktikkan.Saya mengambil contoh yang sudah dipakai rumus OR. Cuma diganti rumusnya menjadi AND.
=AND(A1=5,B1>7)
Rumus ini menghasilkan nilai TRUE jika sel A1 berisi 5 dan B1 lebih besar dari 7.Ketika salahsatunya tidak memenuhi syarat tersebut maka akan menghasilkan FALSE.
Rumus IF AND Excel
Sekarang kita gabungkan penggunakan rumus AND dengan IF.
=IF(AND(A1=5,B1>7),A1+B1,”INTERNET”)
Jika
sel A1 = 5 dan selB1 > 7
maka diisi A1+B1
kalau tidak maka diisi kata “INTERNET”
Untuk penggunakan rumus bertingkat IF OR AND sekaligus tidak saya uraikan dalam artikel ini, karena sudah capek ngetiknya (:lol: padahal karena sulit dalam penjelasannya, jadi panjang). Sebagai contoh saja =IF(AND(OR(E2>10,K2>10)=5,SUM(E2,K2)=5),”tidak”) tentunya ini kalau dijelaskan jadi muter-muter.
=IF(AND(A1=5,B1>7),A1+B1,”INTERNET”)
Jika
sel A1 = 5 dan selB1 > 7
maka diisi A1+B1
kalau tidak maka diisi kata “INTERNET”
Untuk penggunakan rumus bertingkat IF OR AND sekaligus tidak saya uraikan dalam artikel ini, karena sudah capek ngetiknya (:lol: padahal karena sulit dalam penjelasannya, jadi panjang). Sebagai contoh saja =IF(AND(OR(E2>10,K2>10)=5,SUM(E2,K2)=5),”tidak”) tentunya ini kalau dijelaskan jadi muter-muter.
Menggunakan Fungsi IF
Jika ekspresi logika hanya ada satu argument yang diujikan.
Pada kasus seperti ini, jika kondisi benar/terpenuhi maka di
hasilkan nilai TRUE, sedangkan jika tidak terpenuhi maka dihasilkan nilai yang
false.
=IF(logical_test;value_if_true;value_if_false)
Logical_test = nilai atau ekspresi yang akan diujikan
(true atau false),
Value_if_true = nilai yang dihasilkan jika logical_test
bernilai benar(true),
Value_if_false = nilai yang dihasilkan jika
logical_test bernilai salah(False)
Langsung saja kita praktekan :)
3. Fungsi OR
Mulai dari rumus OR Excel, digunakan untuk dua logika (kriteria)
atau lebih yang salah satunya memenuhi syarat maka menghasilkan nilai TRUE.
Tidak harus semua logika terpenuhi sesuai dengan syarat yang ditetapkan. Rumus
OR Excel, dalam bahasa sehari-hari kita sudah tahu, artinya “ATAU”, sudah pada
mengerti maksudnya. Memahami secara sederhana misalnya:
komputer hidup atau standby, berarti saya di rumah
Kata “hidup” adalah logika
1.Kata “standby” adalah logika
2.Sedangkan “rumah”
yaitu nilai “TRUE” dari kedua logika jika salah satunya memenuhi syarat. Jika
tidak ada yang memenuhi syarat, kedua logika salah, misalnya komputer “mati“,
maka nilai yang dihasilkan adalah “FALSE“.
Dari contoh 2 logika di atas, kondisi komputer yang hidup atau komputer
standby. Jika salah satu logika ini terpenuhi, maka artinya saya di rumah.
Tetapi sebaliknya, kalau tidak hidup atau tidak standby, berarti kondisi komputer
mati, artinya saya tidak di rumah.
Penulisan atau bentuk dasar rumus OR
=OR(logika_1,logika_2)
=OR(“komputerhidup“,”komputermati“)
Sekarang langsung dipraktikkan di sheet Excel penggunaannya.Umpanya sel A1 berisi angka 5, dan B1 dengan angka 7. Isi sel C1 dengan rumus OR Excel
=OR(A1=5,B1>7)
Logika_1 sama dengan 5, logika_2 berisi lebih besar dari 7. Jika salah satu logika ini memenuhi syarat maka akan menghasilkan TRUE. Jika tidak ada yang sesuai kriteria (sama dengan 5 atau lebih besar 7) maka akan menghasilkan FALSE. Coba gantilah di sel A1 dan B1.
Penulisan atau bentuk dasar rumus OR
=OR(logika_1,logika_2)
=OR(“komputerhidup“,”komputermati“)
Sekarang langsung dipraktikkan di sheet Excel penggunaannya.Umpanya sel A1 berisi angka 5, dan B1 dengan angka 7. Isi sel C1 dengan rumus OR Excel
=OR(A1=5,B1>7)
Logika_1 sama dengan 5, logika_2 berisi lebih besar dari 7. Jika salah satu logika ini memenuhi syarat maka akan menghasilkan TRUE. Jika tidak ada yang sesuai kriteria (sama dengan 5 atau lebih besar 7) maka akan menghasilkan FALSE. Coba gantilah di sel A1 dan B1.
Penggunaan Rumus IF OR Excel
Nah sekarang kita gabungkan penggunakan rumus OR dengan
IF. Supaya cepat dalam memahami struktur setiap rumus Excel, memahami satu per
satu rumus dasarnya merupakan hal penting. Karena saya sudah posting artikel
tentang penggunaan rumus if,
maka kali ini tidak dibahas. Langsung membuat rumus bertingkat dengan IF dan
OR.
Dari contoh di atas (maksudnya yang terakhirya) sekarang kita tambah dengan rumus IF
=IF(OR(A1=5,B1>7),A1+B1,”INTERNET”)
Jika
sel A1 = 5 atau sel B1 > 7
maka diisi A1+B1
kalau tidak maka diisi kata “INTERNET”
Dari contoh di atas (maksudnya yang terakhirya) sekarang kita tambah dengan rumus IF
=IF(OR(A1=5,B1>7),A1+B1,”INTERNET”)
Jika
sel A1 = 5 atau sel B1 > 7
maka diisi A1+B1
kalau tidak maka diisi kata “INTERNET”
fungsi logika excel dan contoh penggunaanya:
Fungsi logika excel adalah fungsi untuk menghasilkan suatu
nilai dari hasil suatu perbandingan dengan nilai Benar (True) atau Salah
(False). fungsi logika pada excel bisajuga disebut sebagai ekspresi
logika. Ekspresi Logika excel menggunakan operator pembanding
(=,<,<=,>,>=,<>) dan operator logika (AND, OR, NOT). Fungsi
Logika biasa di gunakan dengan menggunakan fungsi If excel. Jika hasil
pengujian Fungsi Logika menggunakan Fungsi IF bernilai benar (true) maka akan
dihasilkan nilai yang benar, sebaliknya jika pengujian salah (false) maka nilai
yang di hasilkan Salah.
Berikut adalah contoh-contohnya:
Menggunakan Fungsi IF
Berikut adalah contoh-contohnya:
Menggunakan Fungsi IF
Jika ekspresi logika hanya ada satu argument yang diujikan.
Pada kasus seperti ini, jika kondisi benar/terpenuhi maka di
hasilkan nilai TRUE, sedangkan jika tidak terpenuhi maka dihasilkan nilai yang
false.
=IF(logical_test;value_if_true;value_if_false)
Logical_test = nilai atau ekspresi yang akan diujikan
(true atau false),
Value_if_true = nilai yang dihasilkan jika logical_test
bernilai benar(true),
Value_if_false = nilai yang dihasilkan jika logical_test
bernilai salah(False)
Langsung saja kita praktekan :)
Buat tabel seperti di bawah:
Kita akan membuat value Lulus atau Gagal pada kolom
keterangan, dengan ketentuan jika nilai lebih dari/sama dengan 70 maka “Lulus”,
sebaliknya jika tidak maka “Gagal”.ketikan rumus fungsinya pada cell C4
Jika hasilnya seperti di bawah ini berarti sudah benar.
Jika ekspresi logika yang diujikan lebih dari satu argument.
Sekarang kita akan menggunakan operator logika untuk
mengerjakannya.
Rumus AND:
=AND(logical1;logical2;....)
AND = jika semua argument benar, maka nilainya benar(True)
OR = jika salah satu saja dari argument yang benar, maka nilainya benar(True).
OR = jika salah satu saja dari argument yang benar, maka nilainya benar(True).
Kita praktekan lagi, buat tabel seperti dibawah:
seperti
sebelumnya, kita akan membuat value Lulus atau gagal pada kolom keterangan,
dengan ketentuan jika nilai test dan nilai praktek (keduanya) lebih dari/sama
dengan 70 maka “Lulus”, sebaliknya jika tidak maka “Gagal”.
Pada sel D4 ketikan rumus berikut:
Pada sel D4 ketikan rumus berikut:
Silahkan ganti AND dengan OR. Lihat apa yang terjadi??
Menggunakan Fungsi IF bersarang (Nesting IF)
Fungsi IF bersarang adalah fungsi IF pada excel yang
mempunyai banyak pilihan value,
Berikut contohnya:
Buat dulu tabel seperti dibawah:
Kita akan
membuat nilai Grade dengan ketentuan berikut:
Nilai kurang
dari 70 maka Grade = C
Nilai 70
sampai 79 maka Grade = B
Nilai 80 dan
lebih maka Grade = A
Masukan
rumus berikut pada sel C2
Hasilnya
seperti ini:
itulah hasil dari pembahasan materi mengenai bagaimana menggunakan fungsi "IF" dan contoh penggunaanya. semoga artikel ini dapat membantu bagi yang membaca. terimakasih sudah mengunjungi artikel ini. dan jangan lupa kunjungi www.bunglonmerah.blogspot.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar