PENGENALAN
HARDWARE, SOFTWARE DAN BRAINWARE
1. HARDWARE
Hardware adalah Peralatan pisik dari
komputer itu sendiri. Peralatan yang secara pisik dapat dilihat, dipegang,
ataupun dipindahkan.
a. Input
Input adalah Proses memasukan data ke
dalam proses komoputer melalui alat input (input device).
Alat masukan (Input Device) adalah alat
yang digunakan untuk menerima masukan yang dapat berupa masukan data ataupun
masukan program.
Beberapa alat masukan mempunyai fungsi
ganda yaitu: sebagai alat masukan dan sekaligus sebagai alat keluaran (output)
untuk menempilkan hasil. Alat I/O demikian disebut sebagai Terminal.
Alat masukan dapat digolongkan kedalam
beberapa golongan yaitu:
1) Keyboard
Keyboard merupakan sebuah papn yang
terdiri dari tombol-tombol untuk mengetikan kalimat dan symbol-simbol khusus
lainnya pada computer. Keyboard dalam bahasa Indonesia artinya papan tombol
jari atau papan tombol.
Secara fisik, keyboard terbagi atas 5
bagian yaitu:
(1) Keyboard
Serial menggunakan DIN 5 male dan biasanya digunankan pada computer tipe AT.
(2) Keyboard
PS/2 biasanya digunakan pada computer ATX dan saat ini yang paling banyak
dipergunakan. Pemasangan keyboard tipe ini harus dilaksanakan dengan cermat,
sebab port yang dimiliki sama dengan port untuk mouse.
(3) Keyboard
Wireless. Jenis koneksi yang digunakan adalah infra red, wifi atau blutooth.
Untuk menghubungkan keyboard dengan computer, dibutuhkan unit pemancar dan
penerima. Unit pemancar biasanya terdapat pada keyboard itu sendiri, sedangkan
penerima biasanya dipasang pada port USB atau serial pada CPU.
(4) Keyboard
USB. Komputer terbaru saat ini sudah banyak mempergunakan jenis konektor USB
yang menjamin transfer data lebih cepat.
(5) Keyboard
Virtual adalah salah satu fitur untuk program computer atau program itu sendiri
yang dapat berperan virtual sebagai control, dengan beberapa tombola tau situs
yang ada pada keyboard biasa.
2) Pointing
Device
Yang termasuk dalam peralatan pointing
device adalah:
(1) Mouse
(2) Touch
Screen adalah layar monitor yang akan mengaktifkan program bila layarnya
disentuh dengan tangan.
(3) Light
Pen digunakana untuk menyentuh layar monitor dengan pena. Posisi sentuhan di
layar akan lebih tepat dan teliti.
(4) Digitser
Graphic Tablet digunlkan untuk membuat grafik atau gambar dengan cara
menghubungkan dua buah ttik di graphic tablet dengan alat yang menyerupai pen.
3) Scanner
Merupakan alat perubah slide, foto hitam
dan putih maupun warna, teks, formulir, juga gambar desain bangunan menjadi
data digital agar dapat dioalah lebh lanjut pada computer.
Bagaimana benda-benda tersebut “dibaca”
tergantung tipe scanner yang digunakan.
(1) Tipe
moving-scanner
(2) Tipe
hand-scanner
(3) Tipe
flat-bed scanner
4) Sensor
Sensor merupakan alat yang mampu secara
langsung menangkap data kejadian fisik. Data analog dikumpulkan oleh alat
sensor dan dimasukan ke pengubah AD/AC yang selanjutnya diproses dengan
computer.
Camera digital adalah salah satu sesnsor
yang dipakai untuk menangkap objek yang selanjutnya diproses dengan computer. Camera
recorder (Carncorder) adalah sensor untuk menangkap object yang bergerak.
5) Voice
Recognizer
Yang biasa disebut Speech Recognizer
yaitu alat untuk membuat computer menegerti omongan manusia.
b. Processing
Processing adalah Proses pengolahan data
dengan alat pemroses (processing device) yang berupa proses menghitung,
membandingkan, mengklasifikasikan mengurutkan, mengendalikan, atau mencari distorage.
Alat pemroses (Processing Device) adalah
alat dimana intruksi-intruksi program diesekusi untuk pemproses data yang
dimasukan yang hasilnya nanti akan ditampilkan dialat output.
Alat pemroses terdiri dari:
1) Central
Processing Unit/CPU
CPU merupakan tempat pemrosesan
intruksi-intruksi program. Pada computer mikro, prosessor ini disebut dengan
microsposessor.
CPU terdiri dari tiga bagian utama
yaitu:
(1) Unit
kendali (control unit)
(2) Unit
aritmatika dan logika (arithmetic and logic unit)
(3) Unit
penyimpanan berukuran kecil (register)
2) Memori
Utama (Main Memory)
Memori utama terdiri dari:
(1) Random
access memory (RAM)
RAM digunakan untuk menyimpan program
dan data yang ada diproses oleh CPU
(2) Read
only memory (ROM)
ROM yang hanya dapat dapat dibaca saja
dan tidak dapat diisi.
c. Output
Output adalah Proses menghasilkan output
dari hasil pengolahan data dengan menggunakan alat output (output device),
yaitu berupa informasi.
Output yang dihasilkan dari pengelolahan
data dapat digolongkan kedalam 3 bentuk yaitu:
1) Tulisan
(huruf, kata, angka, kareakter, dan symbol-simbol khusus)
2) Image
(grafik atau gambar)
3) Suara
(music atau omongan)
Alat keluaran terbentuk:
1) Hard
Copy Device
Merupakan alat keluaran yang digunakan
untuk mecetak tulisan, grafik atau gambar pada media pencetak. Alat hard copy
device yang umum dipergunakan adalah printer, Jenis-jenis printer terdiri dari
(dot matrix, inkjet printer, laser) dan plotter, plotter adalah alat cetak yang
mempunyai kemampuan mevetak grafik atau gambar dengan baik biasanya menggunakan
pen plotter.
2) Soft
Copy Device
Soft copy device merupakan alat yang
digunakan untuk menampilkan tulisan, image, dan suara pada media soft (lunak)
yang berupa sinyal elektrinik. Contohnya: monitor (monitor Cathode Ray Tube,
dan monitor layar datar) dan speaker.
d. Stroge
Stroge adalah suatu tempat atau sarana
yang bias digunakan computer untuk menyimpan data ataupun program. Dengan
demikian, external memory mempunyai fungsi yang hamper sama dengan internal
memory. Hanya bedanya internal memory terletak dalam CPU, sedangkan external
memory berada diluar CPU.
Data-data yang tersimpan didalam
external memory bersifat tetap, artinya data tersebut tidak akan hilang
walaupun tidak adak listrik yang mengalirinya. Media yang digunakan biasanya
merupakan media magnetic yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan data dengan
guratan-guratan magnetic yang dimilikinya. Jenis external memory cukup banyak
yaitu:
1) Floppy
Disk
Flopy disk adalah sebuah perangkat
penyimpanan data yang terdiri dari sebuah medium penyimpanan magnetis bulat
yang tipis dan lentur dan dilapisi lapisan plastic berbentuk persegi atau
persegi panjang. Media yang dipakai menulis data floppy Media yang dipakai
menulis data floppy adalah floppy drive.
Floppy disk terdiri dari dua macam
(floppy 5,25 & floppy 1,44)
2) Hard
Disk
Hard disk adalah media yang digunakan
untuk menyimpan file system dan data dalam computer. Yang sering digunakan
yaitu:
(1) ATA
(Advance Technology Attachment)
(2) SATA
(Serial ATA)
(3) SCSI
(Small Computer System Interface)
3) Compact
Disc (CD)
Compact Disc adalah sebuah piringan
optikal yang digunakan untuk menyimpan data secara digital.
Tekhnologi cakram padat kemudian
diadopsi untuk digunakan sebagai alat penyimpanan data yang dikeanl sebagai
CD-ROM serta untuk media yang dapat ditulis sekali maupun berulang-ulang CD-RW.
Sedangkan media yang digunakan untuk membaca dan menulis data pada CD dinamakan
CD-R drive dan CD-R/W drive.
4) DVD
(Digital Versatile Disc)
DVD adalah sejenis cakram optic yang
dapat digunakan untuk menyimpan data, termasuk film dengan kualitas video dan
audio yang lebih baik dari kualitas VCD.
DVD juga berkembang menjadi DVD dan DVD
R/W sedangkan media yang digunakan untuk membaca dan menulis data pada DVD
dinamakan DVD-R drive dan DVD-R/W drive.
5) Magnetic
Tape
Magnetic tape merupakan media
penyimpanan data yang biasanya digunakan untuk computer jenis mini ataupun
mainframe. Terdapat dua jenis magnetic tape yang biasanya digunakan oleh
computer yaitu:
(1) Mempunyai
bentuk standar yang memiliki lebar piata ½” (12.7 mm). Magnetic tape terbuat
dari plastic tipis yam dilapisi magnetic pada permukaanya.
(2) Mempunyai
bentuk kaset ataupun catridge seperti halnya yang telah kita kenal pada kaset
yang terdapat di audio tape recorder.
e. Kompunen
Pendukung
Kompunen pendukung merupakan kompunen
yang melengkapi kerja dari computer. Contohnya:
1) Motherboard
(mainboard)
Motherboard merupakan kompunen terpenting
dalam PC, karena sebagai kompunen cicuit board utama yang menghubungkan banyak
kompunen lain. Mulai dari CPU/Processor, RAM, vieo vard, hardisk, dan
seterusnya.
Jenis dari motherboard ditentukan
berdasarkan jenis processor yang digunakan nantinya. Kita dapat melihat dan
menetukan prosessor apa yang dapat digunakan oleh suatu motherboard dengan cara
melihat kode jenis soketnya.
NO
|
JENIS
PROSESOR
|
JENIS
SOCKET
|
1
|
286,
386, 486DX2/DX4
|
Socket
3
|
2
|
Intel
Pentium I 60 Mhz
|
Socket
5
|
3
|
Intel
Pentium I 100-233 Mhz
|
Socket
7
|
4
|
Intel
Pentium I 166-233 MMX
|
Socket
7
|
5
|
IP
PRO 166-200 MMX
|
Socket
8
|
6
|
Intel
Pentium II 233-450 Mhz
|
Slot
1
|
7
|
SEEP
Celeron 266-433 Mhz
|
Slot
1
|
8
|
Intel
Pentium II 450-700 Mhz
|
Slot
1
|
9
|
PPGA/FCPGA
Celeron 300-533 Mhz
|
Socket
370
|
10
|
Intel
Pentium 4
|
Socket
423, 478
|
11
|
AMD
K6/K7
|
Slot
A
|
12
|
AMD
Duron, Athlon, XP
|
Socket
A
|
2) VGA
(Video Graphics Adapter)
Kartu VGA berguna untuk menerjemahkan
output (keluaran) computer ke monitor. Tujuan pemakaian untuk graphics atau
game. Saat ini ada VGA dengan memori 16, 32 hingga 128 megabyte. Yang sering
dipakai adalah Nvidia, Ati Radeon dll.
3) Sond
Card
Perangkat ini bergunana untuk
mengeluarkan suara. Perangkat ini kurang lengkap jika tidak ada speaker. Karena
itu kita perlu menghubungkan speaker dengan sound card yang telah tepasang
dengan sebuah kabel yang disambung langsung ke sound card.
4) Power
Supply
Secara garis besar power supply elektrik
dibagi menjadi dua macam yaitu: (power supply linear dan switching power
supply)
Berdasarkan konektornya power supply
dibagi 2 jenis yaitu: {AT (12 Output) mempunyai dua konektor dan ATX (20
output) mempunyai 1 konektor}
2. SOFTWARE
Suatu prosedur pengoperasian dari
komputer itu sendiri ataupun berbagai prosedur dalam hal pemrosesan data yang
telah ditetapkan sebelumnya.
Software adalah suatu bagian dari system
computer yang tidak memiliki wujud fisik dan tidak terlihat karena merupakan
sekumpulan data elektronik yang disimpan dan diatur oleh computer berupa
program yang dapat menjalankan suatu perintah.
Sebuah software atau perangkat lunak
merupakan jembatan penghubung yang menghubungkan antara pengguna dengan hardware
sehingga dapat melakukan sesuatu perintah tertentu. Jadi, tanpa adanya software
mak computer hanyalah sebuah mesin yang tidak bias menjalankan perintah apapun
dari user.
Pengertian software dari beberapa para
ahli:
1) Wiwit
Siswoutomo
Software
adalah nyawa dari sebuah hardware atau computer karena tanpa adanya perangkat
lunak maka computer hanyalah sebuah hardware yang mati dan tidak dapat
digunakan.
2) Roger
S. Pressman
Software
adalah suatu perintah program dalam sebuah computer yang apabila dieksekusikan oleh
usernya akan memberikan fungsi dan unjuk kerja seperti yang diharapkan oleh
user-nya. Dengan kata lain, perangkat lunak yang berfungsi untuk memberi
perintah kepada computer agar dapat berfungsi secara optimal sesuai dengan
perintah user.
3) Imam
Prayogo Pujiono
Software adalah
suatu program dalam computer yang dirancang sedemikian rupa, yang jika
dijalankan akan memberikan oerintah ke computer/ hardware/ software lain dalam
rangka menyelsaikan sebuah tugas, pekerjaan, dan juga tuntutan tertentu seperti
yang diharapkan user.
Fungsi Software secara umum adalah
sebagai berikut:
1) Menyediakan
fungsi dasar dari sebuah computer sehingga dapat dioperasikan. Misalnya
ketersediaan system operasi dan system pendukung pada computer.
2) Mengatur
setiap hardware yang ada pada computer sehingga dapat bekerja secara simultan.
3) Menjadi
penghubung antara beberapa perangkat lunak lainnya dengan hardware yang ada
pada computer.
4) Sebagai
penerjemah sutu perintah software lainnya kedalam bahasa mesin, sehingga dapat
dimengerti oleh hardware.
5) Berfungsi
untuk mengidentifikasi suatu program yang ada pada sebuah computer.
Klasifikasi Software
a. Software
berdasarsarkan jenisnya
1) Sistem
Operasi (Operting System)
Software yang bertugas mengontrol dan
mengkoordinasikan pengunaan hardware untuk berbagai Aplikasi untuk
bermacam-macam pengguna. Beberapa contoh operating system adalah: Windows,
Linux, Unix, DOS.
2) Program
Aplikasi (Aplication Program)
Software yang menentukan bagaimana
sumber daya digunakan untuk menyelesaikan masalah user. Misalnya software untuk
presentasi, software akuntansi. Beberapa contohnya yaitu: Microsoft Office
Word, Microsoft Ofice Excel, MYOB, Open Office.org, dan lainnya.
3) Bahasa
Pemrograman (Programming Language)
Yaitu perangkat lunak yang berfungsi
sebagai pemberi intruksi standar yang melibatkan sintak dan semantic yang
dipakai untuk mendefinisikan suatu program untuk computer. Beberapa contonya
yaitu: PHP, Java, Microsoft Visual Basic.
b. Software
berdasarkan distribusinya
1) Freeware
Yaitu perangkat lunak yang dapat dimiliki
dan digunakan secara gratis tanpa batas waktu tertentu. Biasanya perangkat
lunak jenis ini memiliki fitur yang kurang lengkap dan tidak maksimal.
2) Adware
Yaitu software yang bias didapatkan dan
digunakan secara gratis namun dengan kompensasi adanya iklan yang muncul
dikomputer user.
3) Spyware
Yaitu perangkat lunak yang dibuat khusu
untuk semata-mata segala aktivitas pengguna computer. Biasanya software jenis
ini banyak disalah gunakan, misalnya: untuk mencuri data dari computer lain.
4) OpenSource
Yaitu software yang kode sumbernya dapat
dibuka, diubah-ubah, ditingkatkan, dan disebarluaskan. Biasanya software jenis
ini dapat diperoleh secara gratis dan dapat dikembangkan oleh orang lain dengan
lisensi GPL (General Public License).
5) Shareware
Yaitu piranti lunak untuk keprluan
tertentu yang dibagikan secara gratis, biasanya sebagai semonstrasi dengan
fitur terbatas dan penggunaanya untuk waktu terbatas (misalnya 30 hari).
Contoh perangkat lunak
(Software) sebagai berikut:
1) Microsoft
Windows yaitu system operasi computer yang berbasis command-line.
2) Microsoft
Office Word yaitu piranti lunak yang berfungsi untuk membuat dan mengedit
sebuah dokumen.
3) Microsoft
Office PowerPoint yaitu software untuk membuat presentasi, video dan lain-lain.
4) Google
Chrome yaitu software yang berfungsi sebagai internet browser.
5) Photoshop
yaitu software untuk membuat dan mengedit gambar atau foto.
6) VCL
Media Player yaitu software pemutar video.
7) Faststone
Image Viewer yaity software untuk membuka dan mengedit file gambar didalam
computer.
3. BRAINWARE
Orang-orang yang bekerja secara langsung
dengan menggunakan komputer sebagai alat bantu, ataupun orang-orang yang tidak
bekerja secara langsung menggunakan komputer, tetapi menerima hasil kerja dari
komputer yang berbentuk laporan.
Jenis-jenis dan Fungsi Braiware sebagai
berikut:
a. System
Analyst
Orang yang bertugas mempelajari,
menganalisa, merancang dan membentuk suatu system / prosedur pengolahan data
secara elektronik berdasarkan aplikasi yang dipesan oleh pemakai jasa komputer.
b. Programmer
Yang bertugas di dalam data processing
programming berdasarkan program spesialisasi.
Programer adalah Orang yang mempunyai
kemampuan dalam bahasa pemerograman, sering dalam berperan sebagai membuat
program yang akan diperlukan pada system kompeterisasi.
Administrator adalah orang yang bertugas
mengelolah sebuah system operasi dan program yang akan digunakan pada computer
atau jaringan computer.
c. Operator
Yang bertugas mempersiapkan komputer
untuk memproses suatu program mulai dari menghidupkan komputer, menjalankan
komputer (mengoperasikan program-program komputer / aplikasi komputer).
Operator adalah orang yang akan
menjalankan system operasi atau program dalam perangkat computer contohnya:
merawat system operasi computer, menyiapkan data untuk diakses, atau yang
lain-lain.
Dalam system computer, brainware akan
menjadi hal yang sangat penting atau tidak bias dipisahkan dari hardware dan
software, Karena hardware didalam computer tidak akan bias dijalankan sempurna
tanpa adanya software. Sedangkan tanpa adanya brainware maka software dan
hadware tidak bisa berjalan.
d. Teknisi
Merupakan seorang yang bertanggung jawab
untuk maintenance tentang segala hal atau jenis permasalahan computer. Seorang
teknisi harus mempunyai skill pengetahuan luas mengenai troubleshooting dan
lain sebagainya.
e. Trainer
Merupakan seorang brainware yang
mempunyai pengetahuan ilmu lebih banyak disbanding yang lainnya, atau brainware
ini bertanggung jawab untuk dapat mendidik atau mengajar dibidangnya.
f. Konsultan
Merupakan brainware yang akan
bertanggung jawab layaknya seorang pemandu yang handal didalam bidangnya.
g. Project
Manager
Merupakan brainware yag akan bertanggung
jawab sebagai pemimpin atau komando di suatu project tertentu.
h. Graphic
Designer
Merupakan seorang brainware yang
berpengetahuan skill didunia Design Grafis atau juga mahir dalam hal membuat
suatu objek animasi.
Contoh Brainware adalah
sebagai berikut:
1) Netter
Netter adalah seseorang, individu,
organisasi yang akan menggunakan, menjelajahi internet untuk mencari suatu
informasi.
Contohnya: browsing mencari situs-situs
yang ada di internet sehingga juga disebut dengan surfing dan dengan kata lain
bias juga disebut dengan penjelajah kata kunci atau keyword. Misalnya kita akan
menjelajah menggunkan yahoo terus mengetikan kata kunci tertentu seperti tas
maka akan menampilkan situs-situs mengenai tas itulah yang juga disebut surfimg
maupun menjelajah.
2) EDP
Dapertement
Pengelolah data elektronik akan mengacu
pada penggunaan metode otomatis untuk mengelolah data komersial. Biasanya juga,
ini akan menggunakan relative sederhana, aktifitas akan berulang untuk
memproses volume besar informasi serupa. Sebuah EDP Manager mencari setelah
Dapartement EDP. EDP berarti pengelolahan data elektronik, umumnya pada dasarnya
dalam semua perusahaan ada dapartement yang terlihat setelah semua pekerjaan
computer. Ada beberapa perusahaan yang menyebutnya sebagai dapartement IT dan
beberapa perusahaan lain menyebut dengan dapartement ini sebagai EDP
Dapartement.
3) Network
System
Sebuah jenis sistsem operasi yang akan
ditujukan untuk menangani pada jaringan. Pada umumnya, system operasi ini
terdiri atas banyak layanan maupun service yang ditujukan untuk melayani
pengguna, seperti layanan berbagai berkas, layanan berbagai alat pencetak, DNS
Service, HTTP Service.
Istilah ini sempat popular paa akhir
decade 1976-an hingga awal decade 1887-an.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar