Sabtu, 08 Juni 2019

PENGENALAN HARDWARE, SOFTWARE, DAN BRAINWARE


PENGENALAN HARDWARE, SOFTWARE DAN BRAINWARE

1.      HARDWARE

Hardware adalah Peralatan pisik dari komputer itu sendiri. Peralatan yang secara pisik dapat dilihat, dipegang, ataupun dipindahkan.
a.       Input
Input adalah Proses memasukan data ke dalam proses komoputer melalui alat input (input device).
Alat masukan (Input Device) adalah alat yang digunakan untuk menerima masukan yang dapat berupa masukan data ataupun masukan program.
Beberapa alat masukan mempunyai fungsi ganda yaitu: sebagai alat masukan dan sekaligus sebagai alat keluaran (output) untuk menempilkan hasil. Alat I/O demikian disebut sebagai Terminal.
Alat masukan dapat digolongkan kedalam beberapa golongan yaitu:
1)      Keyboard
Keyboard merupakan sebuah papn yang terdiri dari tombol-tombol untuk mengetikan kalimat dan symbol-simbol khusus lainnya pada computer. Keyboard dalam bahasa Indonesia artinya papan tombol jari atau papan tombol.
Secara fisik, keyboard terbagi atas 5 bagian yaitu:
(1)   Keyboard Serial menggunakan DIN 5 male dan biasanya digunankan pada computer tipe AT.
(2)   Keyboard PS/2 biasanya digunakan pada computer ATX dan saat ini yang paling banyak dipergunakan. Pemasangan keyboard tipe ini harus dilaksanakan dengan cermat, sebab port yang dimiliki sama dengan port untuk mouse.
(3)   Keyboard Wireless. Jenis koneksi yang digunakan adalah infra red, wifi atau blutooth. Untuk menghubungkan keyboard dengan computer, dibutuhkan unit pemancar dan penerima. Unit pemancar biasanya terdapat pada keyboard itu sendiri, sedangkan penerima biasanya dipasang pada port USB atau serial pada CPU.
(4)   Keyboard USB. Komputer terbaru saat ini sudah banyak mempergunakan jenis konektor USB yang menjamin transfer data lebih cepat.
(5)   Keyboard Virtual adalah salah satu fitur untuk program computer atau program itu sendiri yang dapat berperan virtual sebagai control, dengan beberapa tombola tau situs yang ada pada keyboard biasa.
2)      Pointing Device
Yang termasuk dalam peralatan pointing device adalah:
(1)   Mouse
(2)   Touch Screen adalah layar monitor yang akan mengaktifkan program bila layarnya disentuh dengan tangan.
(3)   Light Pen digunakana untuk menyentuh layar monitor dengan pena. Posisi sentuhan di layar akan lebih tepat dan teliti.
(4)   Digitser Graphic Tablet digunlkan untuk membuat grafik atau gambar dengan cara menghubungkan dua buah ttik di graphic tablet dengan alat yang menyerupai pen.
3)      Scanner
Merupakan alat perubah slide, foto hitam dan putih maupun warna, teks, formulir, juga gambar desain bangunan menjadi data digital agar dapat dioalah lebh lanjut pada computer.
Bagaimana benda-benda tersebut “dibaca” tergantung tipe scanner yang digunakan.
(1)   Tipe moving-scanner
(2)   Tipe hand-scanner
(3)   Tipe flat-bed scanner
4)      Sensor
Sensor merupakan alat yang mampu secara langsung menangkap data kejadian fisik. Data analog dikumpulkan oleh alat sensor dan dimasukan ke pengubah AD/AC yang selanjutnya diproses dengan computer.
Camera digital adalah salah satu sesnsor yang dipakai untuk menangkap objek yang selanjutnya diproses dengan computer. Camera recorder (Carncorder) adalah sensor untuk menangkap object yang bergerak.
5)      Voice Recognizer
Yang biasa disebut Speech Recognizer yaitu alat untuk membuat computer menegerti omongan manusia.
b.      Processing
Processing adalah Proses pengolahan data dengan alat pemroses (processing device) yang berupa proses menghitung, membandingkan, mengklasifikasikan mengurutkan, mengendalikan, atau mencari distorage.
Alat pemroses (Processing Device) adalah alat dimana intruksi-intruksi program diesekusi untuk pemproses data yang dimasukan yang hasilnya nanti akan ditampilkan dialat output.
Alat pemroses terdiri dari:
1)      Central Processing Unit/CPU
CPU merupakan tempat pemrosesan intruksi-intruksi program. Pada computer mikro, prosessor ini disebut dengan microsposessor.
CPU terdiri dari tiga bagian utama yaitu:
(1)   Unit kendali (control unit)
(2)   Unit aritmatika dan logika (arithmetic and logic unit)
(3)   Unit penyimpanan berukuran kecil (register)
2)      Memori Utama (Main Memory)
Memori utama terdiri dari:
(1)   Random access memory (RAM)
RAM digunakan untuk menyimpan program dan data yang ada diproses oleh CPU
(2)   Read only memory (ROM)
ROM yang hanya dapat dapat dibaca saja dan tidak dapat diisi.
c.       Output
Output adalah Proses menghasilkan output dari hasil pengolahan data dengan menggunakan alat output (output device), yaitu berupa informasi.
Output yang dihasilkan dari pengelolahan data dapat digolongkan kedalam 3 bentuk yaitu:
1)      Tulisan (huruf, kata, angka, kareakter, dan symbol-simbol khusus)
2)      Image (grafik atau gambar)
3)      Suara (music atau omongan)
Alat keluaran terbentuk:
1)      Hard Copy Device
Merupakan alat keluaran yang digunakan untuk mecetak tulisan, grafik atau gambar pada media pencetak. Alat hard copy device yang umum dipergunakan adalah printer, Jenis-jenis printer terdiri dari (dot matrix, inkjet printer, laser) dan plotter, plotter adalah alat cetak yang mempunyai kemampuan mevetak grafik atau gambar dengan baik biasanya menggunakan pen plotter.
2)      Soft Copy Device
Soft copy device merupakan alat yang digunakan untuk menampilkan tulisan, image, dan suara pada media soft (lunak) yang berupa sinyal elektrinik. Contohnya: monitor (monitor Cathode Ray Tube, dan monitor layar datar) dan speaker.
d.      Stroge
Stroge adalah suatu tempat atau sarana yang bias digunakan computer untuk menyimpan data ataupun program. Dengan demikian, external memory mempunyai fungsi yang hamper sama dengan internal memory. Hanya bedanya internal memory terletak dalam CPU, sedangkan external memory berada diluar CPU.
Data-data yang tersimpan didalam external memory bersifat tetap, artinya data tersebut tidak akan hilang walaupun tidak adak listrik yang mengalirinya. Media yang digunakan biasanya merupakan media magnetic yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan data dengan guratan-guratan magnetic yang dimilikinya. Jenis external memory cukup banyak yaitu:
1)      Floppy Disk
Flopy disk adalah sebuah perangkat penyimpanan data yang terdiri dari sebuah medium penyimpanan magnetis bulat yang tipis dan lentur dan dilapisi lapisan plastic berbentuk persegi atau persegi panjang. Media yang dipakai menulis data floppy Media yang dipakai menulis data floppy adalah floppy drive.
Floppy disk terdiri dari dua macam (floppy 5,25 & floppy 1,44)
2)      Hard Disk
Hard disk adalah media yang digunakan untuk menyimpan file system dan data dalam computer. Yang sering digunakan yaitu:
(1)   ATA (Advance Technology Attachment)
(2)   SATA (Serial ATA)
(3)   SCSI (Small Computer System Interface)
3)      Compact Disc (CD)
Compact Disc adalah sebuah piringan optikal yang digunakan untuk menyimpan data secara digital.
Tekhnologi cakram padat kemudian diadopsi untuk digunakan sebagai alat penyimpanan data yang dikeanl sebagai CD-ROM serta untuk media yang dapat ditulis sekali maupun berulang-ulang CD-RW. Sedangkan media yang digunakan untuk membaca dan menulis data pada CD dinamakan CD-R drive dan CD-R/W drive.
4)      DVD (Digital Versatile Disc)
DVD adalah sejenis cakram optic yang dapat digunakan untuk menyimpan data, termasuk film dengan kualitas video dan audio yang lebih baik dari kualitas VCD.
DVD juga berkembang menjadi DVD dan DVD R/W sedangkan media yang digunakan untuk membaca dan menulis data pada DVD dinamakan DVD-R drive dan DVD-R/W drive.
5)      Magnetic Tape
Magnetic tape merupakan media penyimpanan data yang biasanya digunakan untuk computer jenis mini ataupun mainframe. Terdapat dua jenis magnetic tape yang biasanya digunakan oleh computer yaitu:
(1)   Mempunyai bentuk standar yang memiliki lebar piata ½” (12.7 mm). Magnetic tape terbuat dari plastic tipis yam dilapisi magnetic pada permukaanya.
(2)   Mempunyai bentuk kaset ataupun catridge seperti halnya yang telah kita kenal pada kaset yang terdapat di audio tape recorder.
e.       Kompunen Pendukung
Kompunen pendukung merupakan kompunen yang melengkapi kerja dari computer. Contohnya:
1)      Motherboard (mainboard)
Motherboard merupakan kompunen terpenting dalam PC, karena sebagai kompunen cicuit board utama yang menghubungkan banyak kompunen lain. Mulai dari CPU/Processor, RAM, vieo vard, hardisk, dan seterusnya.
Jenis dari motherboard ditentukan berdasarkan jenis processor yang digunakan nantinya. Kita dapat melihat dan menetukan prosessor apa yang dapat digunakan oleh suatu motherboard dengan cara melihat kode jenis soketnya.

NO
JENIS PROSESOR
JENIS SOCKET
1
286, 386, 486DX2/DX4
Socket 3
2
Intel Pentium I 60 Mhz
Socket 5
3
Intel Pentium I 100-233 Mhz
Socket 7
4
Intel Pentium I 166-233 MMX
Socket 7
5
IP PRO 166-200 MMX
Socket 8
6
Intel Pentium II 233-450 Mhz
Slot 1
7
SEEP Celeron 266-433 Mhz
Slot 1
8
Intel Pentium II 450-700 Mhz
Slot 1
9
PPGA/FCPGA Celeron 300-533 Mhz
Socket 370
10
Intel Pentium 4
Socket 423, 478
11
AMD K6/K7
Slot A
12
AMD Duron, Athlon, XP
Socket A

2)      VGA (Video Graphics Adapter)
Kartu VGA berguna untuk menerjemahkan output (keluaran) computer ke monitor. Tujuan pemakaian untuk graphics atau game. Saat ini ada VGA dengan memori 16, 32 hingga 128 megabyte. Yang sering dipakai adalah Nvidia, Ati Radeon dll.
3)      Sond Card
Perangkat ini bergunana untuk mengeluarkan suara. Perangkat ini kurang lengkap jika tidak ada speaker. Karena itu kita perlu menghubungkan speaker dengan sound card yang telah tepasang dengan sebuah kabel yang disambung langsung ke sound card.
4)      Power Supply
Secara garis besar power supply elektrik dibagi menjadi dua macam yaitu: (power supply linear dan switching power supply)
Berdasarkan konektornya power supply dibagi 2 jenis yaitu: {AT (12 Output) mempunyai dua konektor dan ATX (20 output) mempunyai 1 konektor}

2.      SOFTWARE

Suatu prosedur pengoperasian dari komputer itu sendiri ataupun berbagai prosedur dalam hal pemrosesan data yang telah ditetapkan sebelumnya.
Software adalah suatu bagian dari system computer yang tidak memiliki wujud fisik dan tidak terlihat karena merupakan sekumpulan data elektronik yang disimpan dan diatur oleh computer berupa program yang dapat menjalankan suatu perintah.
Sebuah software atau perangkat lunak merupakan jembatan penghubung yang menghubungkan antara pengguna dengan hardware sehingga dapat melakukan sesuatu perintah tertentu. Jadi, tanpa adanya software mak computer hanyalah sebuah mesin yang tidak bias menjalankan perintah apapun dari user.
Pengertian software dari beberapa para ahli:
1)      Wiwit Siswoutomo
Software adalah nyawa dari sebuah hardware atau computer karena tanpa adanya perangkat lunak maka computer hanyalah sebuah hardware yang mati dan tidak dapat digunakan.
2)      Roger S. Pressman
Software adalah suatu perintah program dalam sebuah computer yang apabila dieksekusikan oleh usernya akan memberikan fungsi dan unjuk kerja seperti yang diharapkan oleh user-nya. Dengan kata lain, perangkat lunak yang berfungsi untuk memberi perintah kepada computer agar dapat berfungsi secara optimal sesuai dengan perintah user.
3)      Imam Prayogo Pujiono
Software adalah suatu program dalam computer yang dirancang sedemikian rupa, yang jika dijalankan akan memberikan oerintah ke computer/ hardware/ software lain dalam rangka menyelsaikan sebuah tugas, pekerjaan, dan juga tuntutan tertentu seperti yang diharapkan user.
Fungsi Software secara umum adalah sebagai berikut:
1)      Menyediakan fungsi dasar dari sebuah computer sehingga dapat dioperasikan. Misalnya ketersediaan system operasi dan system pendukung pada computer.
2)      Mengatur setiap hardware yang ada pada computer sehingga dapat bekerja secara simultan.
3)      Menjadi penghubung antara beberapa perangkat lunak lainnya dengan hardware yang ada pada computer.
4)      Sebagai penerjemah sutu perintah software lainnya kedalam bahasa mesin, sehingga dapat dimengerti oleh hardware.
5)      Berfungsi untuk mengidentifikasi suatu program yang ada pada sebuah computer.

Klasifikasi Software
a.       Software berdasarsarkan jenisnya
1)      Sistem Operasi (Operting System)
Software yang bertugas mengontrol dan mengkoordinasikan pengunaan hardware untuk berbagai Aplikasi untuk bermacam-macam pengguna. Beberapa contoh operating system adalah: Windows, Linux, Unix, DOS.
2)      Program Aplikasi (Aplication Program)
Software yang menentukan bagaimana sumber daya digunakan untuk menyelesaikan masalah user. Misalnya software untuk presentasi, software akuntansi. Beberapa contohnya yaitu: Microsoft Office Word, Microsoft Ofice Excel, MYOB, Open Office.org, dan lainnya.
3)      Bahasa Pemrograman (Programming Language)
Yaitu perangkat lunak yang berfungsi sebagai pemberi intruksi standar yang melibatkan sintak dan semantic yang dipakai untuk mendefinisikan suatu program untuk computer. Beberapa contonya yaitu: PHP, Java, Microsoft Visual Basic.

b.      Software berdasarkan distribusinya
1)      Freeware
Yaitu perangkat lunak yang dapat dimiliki dan digunakan secara gratis tanpa batas waktu tertentu. Biasanya perangkat lunak jenis ini memiliki fitur yang kurang lengkap dan tidak maksimal.
2)      Adware
Yaitu software yang bias didapatkan dan digunakan secara gratis namun dengan kompensasi adanya iklan yang muncul dikomputer user.
3)      Spyware
Yaitu perangkat lunak yang dibuat khusu untuk semata-mata segala aktivitas pengguna computer. Biasanya software jenis ini banyak disalah gunakan, misalnya: untuk mencuri data dari computer lain.
4)      OpenSource
Yaitu software yang kode sumbernya dapat dibuka, diubah-ubah, ditingkatkan, dan disebarluaskan. Biasanya software jenis ini dapat diperoleh secara gratis dan dapat dikembangkan oleh orang lain dengan lisensi GPL (General Public License).
5)      Shareware
Yaitu piranti lunak untuk keprluan tertentu yang dibagikan secara gratis, biasanya sebagai semonstrasi dengan fitur terbatas dan penggunaanya untuk waktu terbatas (misalnya 30 hari).
                        Contoh perangkat lunak (Software) sebagai berikut:
1)      Microsoft Windows yaitu system operasi computer yang berbasis command-line.
2)      Microsoft Office Word yaitu piranti lunak yang berfungsi untuk membuat dan mengedit sebuah dokumen.
3)      Microsoft Office PowerPoint yaitu software untuk membuat presentasi, video dan lain-lain.
4)      Google Chrome yaitu software yang berfungsi sebagai internet browser.
5)      Photoshop yaitu software untuk membuat dan mengedit gambar atau foto.
6)      VCL Media Player yaitu software pemutar video.
7)      Faststone Image Viewer yaity software untuk membuka dan mengedit file gambar didalam computer.

3.      BRAINWARE

Orang-orang yang bekerja secara langsung dengan menggunakan komputer sebagai alat bantu, ataupun orang-orang yang tidak bekerja secara langsung menggunakan komputer, tetapi menerima hasil kerja dari komputer yang berbentuk laporan.
Jenis-jenis dan Fungsi Braiware sebagai berikut:
a.       System Analyst
Orang yang bertugas mempelajari, menganalisa, merancang dan membentuk suatu system / prosedur pengolahan data secara elektronik berdasarkan aplikasi yang dipesan oleh pemakai jasa komputer.
b.      Programmer
Yang bertugas di dalam data processing programming berdasarkan program spesialisasi.
Programer adalah Orang yang mempunyai kemampuan dalam bahasa pemerograman, sering dalam berperan sebagai membuat program yang akan diperlukan pada system kompeterisasi.
Administrator adalah orang yang bertugas mengelolah sebuah system operasi dan program yang akan digunakan pada computer atau jaringan computer.
c.       Operator
Yang bertugas mempersiapkan komputer untuk memproses suatu program mulai dari menghidupkan komputer, menjalankan komputer (mengoperasikan program-program komputer / aplikasi komputer).
Operator adalah orang yang akan menjalankan system operasi atau program dalam perangkat computer contohnya: merawat system operasi computer, menyiapkan data untuk diakses, atau yang lain-lain.
Dalam system computer, brainware akan menjadi hal yang sangat penting atau tidak bias dipisahkan dari hardware dan software, Karena hardware didalam computer tidak akan bias dijalankan sempurna tanpa adanya software. Sedangkan tanpa adanya brainware maka software dan hadware tidak bisa berjalan.
d.      Teknisi
Merupakan seorang yang bertanggung jawab untuk maintenance tentang segala hal atau jenis permasalahan computer. Seorang teknisi harus mempunyai skill pengetahuan luas mengenai troubleshooting dan lain sebagainya.
e.       Trainer
Merupakan seorang brainware yang mempunyai pengetahuan ilmu lebih banyak disbanding yang lainnya, atau brainware ini bertanggung jawab untuk dapat mendidik atau mengajar dibidangnya.
f.       Konsultan
Merupakan brainware yang akan bertanggung jawab layaknya seorang pemandu yang handal didalam bidangnya.
g.      Project Manager
Merupakan brainware yag akan bertanggung jawab sebagai pemimpin atau komando di suatu project tertentu.
h.      Graphic Designer
Merupakan seorang brainware yang berpengetahuan skill didunia Design Grafis atau juga mahir dalam hal membuat suatu objek animasi.
                        Contoh Brainware adalah sebagai berikut:
1)      Netter
Netter adalah seseorang, individu, organisasi yang akan menggunakan, menjelajahi internet untuk mencari suatu informasi.
Contohnya: browsing mencari situs-situs yang ada di internet sehingga juga disebut dengan surfing dan dengan kata lain bias juga disebut dengan penjelajah kata kunci atau keyword. Misalnya kita akan menjelajah menggunkan yahoo terus mengetikan kata kunci tertentu seperti tas maka akan menampilkan situs-situs mengenai tas itulah yang juga disebut surfimg maupun menjelajah.
2)      EDP Dapertement
Pengelolah data elektronik akan mengacu pada penggunaan metode otomatis untuk mengelolah data komersial. Biasanya juga, ini akan menggunakan relative sederhana, aktifitas akan berulang untuk memproses volume besar informasi serupa. Sebuah EDP Manager mencari setelah Dapartement EDP. EDP berarti pengelolahan data elektronik, umumnya pada dasarnya dalam semua perusahaan ada dapartement yang terlihat setelah semua pekerjaan computer. Ada beberapa perusahaan yang menyebutnya sebagai dapartement IT dan beberapa perusahaan lain menyebut dengan dapartement ini sebagai EDP Dapartement.
3)      Network System
Sebuah jenis sistsem operasi yang akan ditujukan untuk menangani pada jaringan. Pada umumnya, system operasi ini terdiri atas banyak layanan maupun service yang ditujukan untuk melayani pengguna, seperti layanan berbagai berkas, layanan berbagai alat pencetak, DNS Service, HTTP Service.
Istilah ini sempat popular paa akhir decade 1976-an hingga awal decade 1887-an.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar